SOLOPOS.COM - Christiano Ronaldo menangi Ballon d'Or 2014 (Twitter.com)

Ballon d’Or 2015 memuncukan tiga nama terkuat yakni Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar.

Solopos.com, ZURICH — Kandidat peraih Ballon d’Or 2015 akhirnya dikerucutkan menjadi tiga nama. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang mendominasi penghargaan pemain terbaik di planet ini sejak 2008, kembali mencatatkan nama mereka. Rekan setim Messi di Barcelona, Neymar pun melengkapi daftar tiga besar itu.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Sejak sekitar tujuh tahun lalu, Ballon d’Or tak pernah lepas dari tangan Messi atau Ronaldo. Messi mengangkat penghargaan individu yang digagas majalah olahraga France Football ini empat kali yakni 2009, 2010, 2011, dan 2012. Sementara Ronaldo memboyong Ballon d’Or tiga kali, dua di antaranya digenggang dalam dua tahun terakhir pada 2013 dan 2014. Neymar diharapkan memecah duopoli itu dengan menjadi salah satu nomine pada Ballon d’Or 2015.

Messi dan Neymar meroket bersama Barcelona pada 2014/2015. Mereka membawa tim raksasa Catalan meraih treble winner dengan menjuarai Liga Primera, Liga Champions, dan Copa del Rey. Tapi kesuksesan Barca pada musim lalu juga tak lepas dari sosok Luis Suarez. Penyerang berjuluk El Pistolero itu menjadi bagian trisula MSN bersama Messi dan Neymar yang mendulang total 125 gol pada 2015. Tidak ada trio yang bisa menandingi kehebatan MSN.

Tak ayal, muncul suara apabila Suarez layak masuk daftar tiga besar kandidat Ballon d’Or 2015. Penyerang asal Uruguay yang pernah dihukum larangan berkecimpung sepak bola dalam 4 bulan karena menggigit bek Italia, Giorgio Cheillini, itu bahkan disebut-sebut lebih baik dibandingkan Ronaldo yang tak mempersembahkan satu gelar pun bagi Real Madrid pada 2015.

Messi juga menyayangkan absennya Suarez dalam daftar nominee Ballon d’Or 2015 ini. “Saya lebih suka berada di podium Ballon d’Or bersama Neymar dan Luis. Luis layak mendapatkannya, namun Cristiano juga bagus. Kami [MSN] punya waktu kebersamaan yang luar biasa,” jelas Messi, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (1/12/2015).

Messi mengungkapkan penyesalannya tanpa Suarez di podium Ballon d’Or pada seremoni LFP Award 2015 di Spanyol, Senin (30/11/2015) malam waktu setempat. Di acara penghargaan bagi insan sepak bola di Negeri Matador itu, Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Primera 2014/2015 dan Penyerang Terbaik Liga Primera 2014/2015.

Pada kesempatan yang sama, Neymar juga menyayangkan absennya Suarez dalam kandidat Ballon d’Or yang akan diumumkan di Zurich, Swiss, 11 Januari 2016 mendatang. “Menjadi kandidat perah Ballon d’Or berarti besar buatku. Suarez seharusnya ada di sana juga, namun Messi favorit, dia nomor satu di mataku,” ungkap Neymar.

Sementara itu, CR7, julukan Ronaldo, memang tak menyumbang gelar apa pun bagi Madrid dan Timnas Portugal pada 2015. Tapi penyerang berusia 30 tahun itu bergelimang penghargaan individu, seperti top scorer Liga Primera 2014/2015 dan Liga Champions 2014/2015. Sejauh ini, total gol yang dikantongi Ronaldo pada 2015 juga lebih tinggi dibandingkan Messi dan Neymar. Dengan kondisi itu, tak sedikit yang akhirnya menjuluki Ronaldo sebagai pemain yang terobsesi dengan penghargaan individu ketimbang berkorban untuk tim yang dibelanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya