SOLOPOS.COM - Bambang Pamungkas (Instagram @bepe20)

Solopos.com, SOLO — Pertanyaan yang banyak muncul bagi masyarakat di Tanah Air adalah siapa sih pemain terbaik Indonesia sepanjang masa?

Jika ada yang bertanya begitu, mungkin jawabannya bisa langsung ditebak. Ya, Bambang Pamungkas. Memang tak ada yang secara resmi menobatkan Bambang Pamungkas menyandang predikat pemain terbaik Indonesia sepanjang masa. Akan tetapi jika melihat bagaimana dia punya segala di atas lapangan sebagai pemain, rasanya tak sia-sia menyebutnya demikian.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Salah satunya dari peluitpanjang.com yang secara langsung menyebutkan bahwa Bambang Pamungkas berada di peringkat pertama sebagai pemain terbaik Indonesia. Bahkan sepanjang masa!

Prestasi Bambang Pamungkas

Tak heran memang, striker yang lekat dengan nomor punggung 20 itu memang menjadi sosok panutan bagi para juniornya. Dia bahkan menjadi top scorer sepanjang masa timnas Nasional Indonesia.

Dengan 77 penampilan dan 38 gol bersama Tim Garuda rasanya sudah cukup membuatnya jadi pemain terbaik Indonesia. Salah satu prestasi terbaiknya ialah mengantarkan tim Merah-Putih meraih gelar runner-up Tiger Cup (sekarang AFF Cup) sebanyak 4 kali yaitu saat tahun 2000, 2002, 2004, 2010.

Bahkan pada Tiger Cup 2002, Bambang Pamungkas sukses meraih gelar top scorer dengan total 8 gol. Luar biasa, kan?

Namanya juga sangat harum di skuat Persija Jakarta. Torehan 200 gol plus dua gelar liga kompetisi untuk tim Macan Kemayoran pada tahun 2001 dan 2018 makin membuatnya melambung.

Bambang Pamungkas bahkan pernah bermain untuk Selangor di Liga Malaysia dan langsung menjadi andalan di musim perdananya yang berakhir dengan berbagai gelar juara.

Namun bukan berarti hanya Bambang Pamungkas yang berada di daftar pemain terbaik Indonesia sepanjang masa. Ada juga nama-nama besar seperti Boaz Salossa, Soetjipto Soentoro, Andi Ramang, Robby Darwis, Hendro Kartiko, Ronny Pattinasarany, Firman Utina, Ricky Yakobi, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Sekali lagi, tak ada yang bisa membuat catatan resmi untuk menempatkan para pemain di atas secara prestasi sebagai pemain terbaik. Semua itu murni dari pandangan masing-masing. Kalau menurut kamu, siapa yang pantas menyandang pemain terbaik Indonesia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya