SOLOPOS.COM - Kamboja menghancurkan Brunei Darussalam 5-1 pada lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Morodok Techo National Stadium Phnom Penh, Kamis (29/12/2022). (AFF Cup 2022)

Solopos.com, JAKARTAKamboja menjadi ancaman di Grup A Piala AFF 2022 setelah membantai Brunei Darussalam 5-1 pada laga ketiga di Morodok Techo National Stadium Phnom Penh, Kamis (29/12/2022).

Tuan rumah tertinggal lebih dulu ketika Nurikhwan Othman membawa Brunei memimpin pada menit ke-21. Berawal dari sepak pojok, Nurikhwan Othman menyambut bola dari Hakeme Said dan menyundul bola tanpa bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Keo Soksela.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Gol itu mengagetkan penonton di Morodok Techo National Stadium. Namun hanya berselang 10 menit, Kamboja mampu menyamakan kedudukan.

Baca Juga: Unggul Jumlah Pemain Sejak Menit 62, Indonesia Ditahan Thailand 1-1

Melalui skema sepak pojok, Choun Chanchav mencetak gol melalui sundulan kepala memaksimalkan assist Tes Sambath.

Keadaan seimbang membuat pemain Kamboja tampil bersemangat untuk memperbesar keunggulan. Tercatat tiga percobaan di depan gawang dilancarkan oleh Tes Sambath, Sa Ty dan Yeu Muslim. Namun semuanya tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Menjelang laga babak pertama bubar, Brunei justru yang memiliki kesempatan untuk kembali memimpin melalui Hakeme Said. Sayang tendangannya menyambut tendangan bebas masih melambung di atas mistar gawang. Skor babak pertama 1-1.

Baca Juga: Witan Buang Peluang Emas, Babak I Indonesia vs Thailand Berakhir 0-0

Memasuki babak kedua, tuan rumah semakin gencar melancarkan serangan. Upaya tersebut membuahkan hasil pada menit ke-50 ketika Nick Taylor sukses mengeksekusi penalti. Tendangan penalti diberikan wasit setelah  Nick Taylor dilanggar Haimie Nyaring di area terlarang.

Kamboja melakukan sejumlah pergantian pemain di pertengahan babak kedua. Salah satunya menarik Nick Taylor dan menggantikannya dengan Keo Sokpheng di menit ke-58.

Upaya itu berbuah manis karena Keo Sokpheng mempersembahkan gol ketiga Kamboja pada menit ke-73 lewat titik penalti. Wasit memberikan hukuman kepada Brunei setelah Haziq Kasyful melakukan hand ball di area penalti.

Baca Juga: Susunan Pemain Indonesia vs Thailand: Yakob Sayuri Starter, Spasojevic Cadangan

Brunei semakin menjadi bulan-bulanan Kamboja yang menambah dua gol melalui Lim Pisoth pada menit ke-80 dan 88.

Hasil ini membuat Kamboja tetap menjaga persaingan lolos ke semifinal dengan poin 6 dari tiga pertandingan. Sedangkan Brunei semakin tenggelam di dasar klasemen Grup A. Dari empat kali  bermain, Brunei selalu kalah dengan skor telak hingga selisih gol minus 22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya