SOLOPOS.COM - Pembalap sepeda beradu cepat pada ajang Tour of Kemala di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (8/10/2023). Kompetisi balap sepeda yang diinisiasi oleh Yayasan Bhayangkari Indonesia tersebut mempertandingkan delapan kategori dengan jarak tempuh 55 kilometer sebagai ajang mencari bibit pembalap. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.

Solopos.com, JAKARTA – Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah event perdana tur sepeda Tour of Baturraden yang rencananya digelar 25 Mei 2024.

Kegiatan yang membawa semangat sportourism bagi para penggemar olahraga sepeda di Indonesia ini diselenggarakan atas kerja sama komunitas olahraga sepeda Bekatesese bersama dengan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

“Kegiatan ini dibuat untuk menikmati keindahan alam melalui wisata bersepeda dengan rute yang cukup menantang,” ujar Ketua Umum Bekatesese Indro Purwanto, dalam  keterangan resmi, Kamis (29/2/2023).

Balapan ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Jagal Demit (race, 127,8 km, 1.840 m elevation gain) dan Gontai (non-race, 105,84 km, 1.107 m elevation gain).

Bekatesese kali ini bertujuan memperkenalkan cagar alam Indonesia dan memberikan tantangan dan keseruan kepada para peserta baik atlet maupun penggemar olahraga sepeda.

Perjalanan dimulai dari Menara Pandang Teratai di Kota Purwokerto, Jawa Tengah untuk kemudian melintas rute berkelok-kelok yang dilatarbelakangi oleh pemandangan alam nan indah.

Indro mengatakan, peserta nantinya akan melintasi Kabupaten Banyumas dan mengunjungi daerah wisata Baturaden yang memiliki pesona tersendiri.

Terdapat empat pitstop di sepanjang rute, baik race maupun non-race, yang memberikan peserta kesempatan untuk rehat sejenak sebelum meneruskan kembali rute yang telah ditentukan.

Bekatesese juga menyiapkan support car, ambulans dan technical support untuk mendukung keamanan dan kenyamanan bagi peserta.

Indro berharap, balapan ini turut mempromosikan keindahan serta keragaman potensi pariwisata, budaya, kuliner, dan olahraga.

”Kami merasa bangga bahwa kegiatan Tour of Baturraden ini dapat diwujudkan. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menampilkan keindahan alam sekaligus budaya dan kuliner lokal yang khas melalui acara bersepeda skala nasional,” kata Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Setia Rahendra.

Bagi atlet dan penggemar olahraga sepeda, pendaftaran early bird dimulai pada 29 Februari hingga 14 Maret melalui laman web https://tourofbaturraden.com/.

Pengambilan racepack bagi para peserta dilakukan pada 24 Mei di Menara Pandang Teratai, bersamaan dengan pameran UMKM kuliner yang diadakan oleh Pemkab Banyumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya