SOLOPOS.COM - Striker Barcelona Lionel Messi (Ki) berselebrasi bersama Neymar and Luis Suarez. JIBI/Rtr/Gustau Nac

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona tertinggal lebih dulu dari Espanyol sebelum berbalik menang 5-1. Lionel Messi menyumbang tiga gol dalam derby Catalan tersebut.

Dalam pertandingan yang tuntas Senin (8/12/2014) dinihari WIB, Espanyol mengejutkan publik Camp Nou ketika Sergio Garcia menjebol gawang tuan rumah di menit ke-13.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Barca baru bisa merespons tepat sebelum turun minum melalui Messi. Di menit-menit awal babak kedua, Messi pula yang menjebol gawang Espanyol untuk membuat Blaugrana berbalik memimpin.

Dengan momentum tampak sudah berpindah ke arah tuan rumah, Gerard Pique menambah keunggulan Barca tak berapa lama seusai gol dari Messi. Keunggulan Barca bertambah lagi setelah Pedro Rodriguez bikin gol di menit ke-77.

Setelah itu Pedro mencatatkan assist setelah operannya berhasil dimanfaatkan Messi untuk mencetak gol ketiganya dalam pertandingan tersebut di menit ke-81.

Tambahan tiga angka di laga jornada 14 ini membuat Barca kini mengoleksi 34 poin, unggul dua angka dari Atletico Madrid di posisi tiga dan tertinggal dua poin juga dari pemuncak klasemen Real Madrid. Hasil dalam derby Catalan itu sekaligus membuat Barca berhasil menambah rentetan kemenangannya menjadi tujuh pertandingan di seluruh kompetisi.

Sementara Espanyol, yang kini sudah kalah di dalam enam pertemuan terakhir lawan Barca di La Liga, terpaku di peringkat 12 dengan 14 poin.

Gol Espanyol di menit ke-13 berawal dari Sergio Busquets kehilangan bola dalam tekanan dari Felipe Caicedo dan Sergio Garcia yang kemudian menguasai si kulit bundar. Sergio Garcia melewati Gerard Pique, dan kemudian melepaskan tembakan untuk membuat Espanyol unggul 1-0.

Beberapa saat sebelum waktu turun minum, kedudukan akhirnya imbang. Seusai menerima operan dari Xavi, Messi melepaskan tembakan keras yang bersarang di dalam gawang Espanyol untuk membuat skor menjadi 1-1.

Lima menit memasuki babak kedua Messi kembali menggetarkan gawang Espanyol. Diawali dari giringan bola nan lihai dari Neymar di sisi kiri, bola lalu diteruskan ke Luis Suarez yang setelah itu mengopernya ke Messi di tengah. Setelah mengecoh satu pemain Espanyol, Messi melepaskan tembakan keras yang membuat Casilla kembali harus memungut bola dari dalam gawangnya.

Keunggulan Barca langsung bertambah lagi ketika laga memasuki menit ke-53. Dari tendangan penjuru, Ivan Rakitic mengirim bola ke muka gawang untuk ditanduk Pique yang berhasil lolos dari kawalan pemain lawan. Barca unggul 3-1.

Gol Barca yang berikutnya baru lahir ketika pertandingan memasuki menit ke-77, melalui kaki dari Pedro Rodriguez yang masuk tujuh menit sebelum itu. Menerima umpan panjang Jordi Alba, Pedro kemudian mengirim bola dengan jitu ke dalam gawang Espanyol.

Empat menit kemudian skor berubah lagi. Diawali dari operan-operan di lini tengah, Messi kemudian merangsek ke depan dengan giringan bola ciamik. Ia lantas bekerja sama satu-dua dengan Pedro sebelum menjebol gawang Espanyol untuk kali ketiga dalam laga. (JIBI/SOLOPOS)

HASIL LAIN LA LIGA PRIMERA SPANYOL:
• Senin, 08 Dec 2014
– Granada 1 – 1 Valencia
– Villarreal 4 – 0 Real Sociedad

• Minggu, 07 Dec 2014
– Rayo Vallecano 0 – 1 Sevilla
– Deportivo La Coruña 0 – 1 Málaga
– Real Madrid 3 – 0 Celta de Vigo
– Athletic Club 0 – 1 Córdoba

• Sabtu, 06 Dec 2014
Elche 0 – 2 Atlético Madrid

Susunan Pemain
Barcelona:
Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets (Mathieu 83′), Xavi, Rakitic (Iniesta 65′); Suarez (Pedro 70′), Messi, Neymar.

Espanyol: Casilla; Arbilla, Alvaro, Eric Bailly (Abraham Gonzalez 84′), Fuentes; Canas (Moreno 60′), Victor Sanchez, Lucas, Salva Sevilla; Sergio Garcia, Caicedo (Stuani 71′).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya