SOLOPOS.COM - Striker Barcelona, Lionel Messi, duduk di bangku cadangan saat pertandingan semifinal leg kedua Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dini hari WIB. Dalam pertandingan itu, Barcelona takluk dengan skor mencolok 0-3 dari Bayern Munich. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker Barcelona, Lionel Messi, duduk di bangku cadangan saat pertandingan semifinal leg kedua Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dini hari WIB. Dalam pertandingan itu, Barcelona takluk dengan skor mencolok 0-3 dari Bayern Munich. JIBI/SOLOPOS/Reuters

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Tito Vilanova, yakin telah mengambil keputusan tepat dengan tak menurunkan Lionel Messi saat menjamu Bayern Munich pada semifinal leg kedua di Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dini hari WIB. Alasannya, Vilanova takut pemain bintangnya itu mengalami cedera lebih parah.

Messi hanya duduk di bangku cadangan sepanjang pertandingan saat rekan-rekannya dipermalukan Bayern 0-3. Akibat kekalahan ini, Barca pun harus mengakhiri petualangannya di Liga Champions dengan kekalahan agregat 0-7 dari The Bavarian, julukan Bayern.

Tak dimainkannya Messi sempat menimbulkan tanda tanya besar. Pasalnya, pemain terbaik dunia tahun ini itu sempat dimainkan selama 30 menit dan menyumbang satu gol saat Barca bermain imbang 2-2 dengan Athletic Bilbao di kompetisi domestik, akhir pekan lalu.

Namun, saat timnya butuh kemenangan besar yang sangat penting di kompetisi elite Eropa kontra Bayern, La Pulgra, julukan Messi, justru hanya dicadangkan. Vilanova mengaku, alasannya mencadangkan Messi karena takut akan mengalami cedera yang lebih parah.

“Leo bermain di Bilbao, Sabtu lalu, karena dia merasa lebih baik,” ujar Vilanova. “Dia dicantumkan dalam perubahan di tim, namun di akhir pertandingan dia merasakan sesuatu yang aneh.”

“Dia berlatih pekan ini, namun tak merasa baikan. Dia pemain yang eksplosif dan ada risiko dia bisa robek hamstring-nya, jadi dia tak bisa membantu tim dalam kondisi ini,” beber Vilanova.

Vilanova juga membantah anggapan bahwa timnya sangat bergantung pada sosok Messi. Ia menyakinkan bahwa Barca telah menunjukkan permainan yang apik meski tanpa Messi.

“Selama ini kami bermain tanpa Leo [Messi], kami mememangi pertandingan dengan margin sedikit, namun tahun ini di liga kami memenangi pertandingan dengan skor 5-0 dan 3-0, meski tanpa dia di lapangan,” imbuh Vilanova.

“Ketika Anda memiliki pemain yang sangat hebat, norma bahwa Anda memiliki catatan itu. Jika Bayern bermain tanpa Franck Ribery atau Arjen Robben, mereka tak akan berada dalam level ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya