SOLOPOS.COM - Trofi Ballon d'Or. (Twitter).

Solopos.com, SOLO–Pemenang Ballon d’Or 2023, penghargaan bergengsi bagi pemain sepak bola dunia, segera diumumkan, berikut jadwalnya.

Penghargaan ini digagas majalah ternama di Prancis, France Football, yang kali pertama digelar pada 1956. Penghargaan tersebut menjadi penegas bahwa penerimanya merupakan pemain terbaik dunia.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Dalam sejarah pemberian penghargaan ini, megabintang Lionel Messi menjadi pesepakbola yang paling banyak menerima Ballon d’Or. Bintang timnas Argentina itu telah meraih tujuh Ballon d’Or.

Messi yang kini memperkuat tim Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat Inter Miami kembali berpeluang mendapatkannya setelah masuk dalam 30 daftar nominasi atau calon pemenang penghargaan.

Dia bersaing ketat dengan bomber Manchester City Erling Haaland dan bintang Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe. Sementara, superstar Cristiano Ronaldo absen. Lantas kapan pemenang diumumkan? Berikut jadwal pengumuman pemenang Ballon d’Or 2023.

Namun, sebelumnya perlu disampaikan terlebih dahulu informasi terakhir mengenai Ballon d’Or pada tahun ini. Sebelum diumumkan secara resmi, hasil pemilihan pemenang Ballon d’Or 2023 diduga bocor.

Media Spanyol Sport melaporkan megabintang Lionel Messi yang akan memenangkan penghargaan pemain terbaik dunia tersebut.

Namun, hingga berita ini ditulis belum ada pihak yang memberi konfirmasi terkait kebenaran laporan media tersebut. Bahkan, media bersangkutan telah menghapus laporannya itu.

Sesuai ketentuan, pemenang ditentukan berdasar voting 180 jurnalis dari berbagai negara. Mereka memilih satu dari 30 kandidat yang telah ditetapkan.

Ballon d’Or 2023 merupakan edisi ke-67. Untuk kali kedua dalam sejarah, penghargaan bakal dinilai dari prestasi dalam semusim dan bukan satu tahun kalender.

Penilaian peringkat Ballon d’Or 2023 dihitung mulai 1 Agustus 2022 hingga 31 Juli 2023. Dengan demikian, prestasi di pentas Piala Dunia 2022 lalu masuk hitungan untuk menentukan peringkat di Ballon d’Or 2023 ini.

Selain Ballon d’Or, Majalah France Football juga memberi penghargaan Ballon d’Or Feminin, Kopa Trophy, Yashin Trophy, Socrates Award, Gerd Muller Trophy, dan Club of the Year.

Berikut daftar 30 nominasi penerima Ballo d’Or 2023

  1. Josko Gvardiol (Manchester City)
  2. Andre Onana (Manchester United)
  3. Karim Benzema (Al Ittihad)
  4. Jamal Musiala (Bayern Munich)
  5. Mohamed Salah (Liverpool)
  6. Jude Bellingham (Real Madrid)
  7. Bukayo Saka (Arsenal)
  8. Randal Kolo Muani (PSG)
  9. Kevin De Bruyne (Manchester City)
  10. Bernardo Silva (Manchester City)
  11. Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)
  12. Emi Martinez (Aston Villa)
  13. Ruben Dias (Manchester City)
  14. Nicolo Barella (Inter Milan)
  15. Erling Haaland (Manchester City)
  16. Martin Odegaard (Arsenal)
  17. Ilkay Gundogan (Barcelona)
  18. Julian Alvarez (Manchester City)
  19. Yassine Bounou (Al Hilal)
  20. Vinicius Junior (Real Madrid)
  21. Rodri (Manchester City)
  22. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
  23. Lionel Messi (Inter Miami)
  24. Lautaro Martinez (Inter Milan)
  25. Robert Lewandowski (Barcelona)
  26. Kylian Mbappe (PSG)
  27. Kim Min-Jae (Bayern Munchen)
  28. Luka Modric (Real Madrid)
  29. Harry Kane (Bayern Munchen)
  30. Victor Osimhen (Napoli)

Sesuai jadwal, France Football akan menggelar penganugerahan Ballon d’Or 2023 dan penghargaan lainnya pada 30 Oktober 2023 mendatang. Layak ditunggu siapa yang bakal menerima Ballon d’Or tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya