SOLOPOS.COM - Bebeda dengan hasil di Bundesliga, Borussia Dortmund tampil impresif di Liga Champions. Ist/dailymail.co.uk

Solopos.com, DORTMUND— Borussia Dortmund sekali lagi harus menyambut duel Liga Champions dengan bekal jauh dari ideal. Tim berjuluk Die Borussen itu bakal menjamu Galatasaray di matchday keempat Grup D, Rabu (5/11/2014) dini hari WIB, dengan bermodalkan hasil buruk di ajang Bundesliga Jerman.

Dortmund dibungkam Bayern Munich 1-2 dalam duel di Allianz Arena, Minggu (2/11) dini hari WIB. Kekalahan itu menjadi yang kelima beruntun di kompetisi liga domestik sejak awal Oktober lalu dan menjadi yang ketujuh sepanjang musim ini. Bahkan, hasil jeblok itu pula yang membuat Marco Reus dkk. terpuruk di zona merah Bundesliga dengan baru mengumpulkan tujuh poin dari 10 laga.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Namun, lain di liga domestik, lain pula di pentas Eropa. Dari pengalaman di tiga laga di Liga Champions sejauh ini, tren yang ditunjukkan Dortmund justru memperlihatkan gejala yang bertolak belakang. Hasil buruk Die Borussen di Bundesliga Jerman tidak berkorelasi dengan pencapaian di turnamen Eropa. Terbukti, skuat besutan Juergen Klopp itu melakukan sapu bersih di Grup D dengan belum sekali pun kebobolan.

Ya, Dortmund bertengger di puncak klasemen Grup D dengan nilai sembilan dari tiga laga. Tim utusan Bundesliga itu unggul tiga poin atas Arsenal yang berada di posisi kedua dan memimpin delapan poin atas dua pesaing lainnya di grup yang sama, Galatasaray dan Anderlect.

Dengan situasi itu, jika menang atas Galatasaray tengah pekan ini, Die Borussen akan memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan lebih cepat. Ambisi itu pula yang ingin diwujudkan skuat Juergen Klopp, sekaligus demi mencari pelipur lara mereka di ajang liga lokal.

Gelandang Dortmund, Lukasz Piszczek, mengingatkan timnya berjuang keluar dari krisis sesegera mungkin. Kesempatan itu terbentang ketika mereka menantang Galatasaray, Rabu dini hari WIB. Hal itu dengan harapan Die Borussen mampu bangkit di liga domestik dan konsisten dalam persaingan di Liga Champions.

“Kami terpuruk di papan bawah dan karena itu keluar dari situasi ini sesegera mungkin. Itu tidak akan mudah, namun tim harus berjuang mewujudkannya dan merebut poin di depan mata,” ujar Piszczek dilansir beinsports.tv, Senin (3/11).

Sayangnya, Dortmund justru akan kehilangan Mats Hummels yang mengalami cedera dalam laga kontra Bayern, Minggu. Sementara itu, Oliver Kirch dan Jakub Blaszczykowsky sudah kembali bergabung dalam sesi latihan meski belum dipastikan keduanya bakal bermain dalam laga melawan Galatasaray. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya