SOLOPOS.COM - Kiper Kepa Arrizabalaga saat berseragam Chelsea. (Instagram/kepaarrizabalaga).

Solopos.com, JAKARTA–Kiper Kepa Arrizabalaga dikabarkan telah menyelesaikan kepindahannya dari Chelsea ke Real Madrid setelah menolak kesempatan untuk bergabung dengan Harry Kane di Bayern Munich.

Kondisi ini memaksa Chelsea menjelajahi pasar transfer untuk mendapatkan penjaga gawang baru. Kepa yang merupakan kiper timnas Spanyol berusia 28 tahun itu akan kembali ke tanah airnya setelah lima tahun di Stamford Bridge.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Saat kepindahannya ke Chelsea pada 2018 lalu, Kepa menjadi kiper termahal di dunia. Saat itu, Chelsea menebusnya dengan mahar senilai 71.6 juta poundsterling atau Rp1,4 triliun.

Namun, sejak Edouard Mendy tiba dua tahun kemudian, penjaga gawang yang sebelumnya bermain untuk Athletic Bilbao ini hanya menjadi cadangan atau bermain dalam pertandingan turnamen.

Dikutip Solopos.com dari The Sun, Minggu (13/9/2023), pemain yang terkenal karena menolak diganti pada Final Piala Carabao 2019 ini mendapatkan tempatnya kembali musim lalu.

Tetapi, meskipun Eduard Mendy sudah meninggalkan Chelsea untuk Arab Saudi, dia dianggap tidak diperlukan oleh bos baru, Mauricio Pochettino.

Robert Sanchez bergabung dengan The Blues dalam kesepakatan senilai 25 juta poundsterling atau setara Rp486,2 miliar dari Brighton dengan kontrak selama tujuh tahun.

Kedatangannya membuka jalan bagi Kepa untuk pergi karena baik Bayern maupun Madrid berminat merekrutnya.

Madrid menginginkannya dengan opsi pinjaman dengan opsi pembelian setelah kiper utama mereka, Thibaut Courtois, mengalami cedera ACL yang membuatnya bakal absen di sebagian besar musim ini.

Bayern yang telah menyelesaikan transfer senilai £104 juta untuk Kane dari Tottenham, juga mengajukan proposal pinjaman selama satu tahun untuk Kepa dengan opsi pembelian.

Ini dikarenakan kiper pilihan pertama mereka, Manuel Neuer, masih dalam pemulihan dari cedera yang didapatnya dalam kecelakaan ski musim lalu.

Namun, Kepa sudah memutuskan untuk pergi ke Bernabeu dan memberi tahu raksasa Jerman tersebut mengenai keputusannya pekan ini.

Itu menurut jurnalis Florian Plettenberg yang mengumumkan di Twitter. “Kabar #Kepa: Dia hampir menolak FC Bayern karena klub merasa bahwa dia ingin bergabung dengan mereka. Tetapi tidak ada kesepakatan seperti yang dilaporkan,” tulis Florian.

Kemudian dia memberi informasi kini Kepa hampir bergabung dengan Real Madrid yang memang sedang mencari kiper.

“Kepa, sekarang hampir bergabung dengan @realmadrid untuk menggantikan Courtois. Bayern sudah diinformasikan,” tulis dia.

Kemudian, jurnalis Fabrizio Romano mengonfirmasi kesepakatan tersebut dengan kalimat spesialnya, here we go.

Kepa telah membuat lebih dari 100 penampilan di Premier League atau Liga Premier Inggirs untuk Chelsea. Selama di Chelsea, ia memenangkan Liga Champions pada 2021 serta Piala Super UEFA pada tahun yang sama dan Liga Europa pada 2019.

Dia juga menjadi bagian dari skuad yang memenangkan Piala Dunia Klub pada 2021. Menurut Romano, The Blues sekarang akan mencari penjaga gawang baru untuk menggantikan Kepa.

Sebelumnya, Real Madrid dikabarkan menjalin kontak dengan David De Gea untuk kemungkinan memboyong sang pemain di bursa transfer musim panas ini.

Los Blancos kini sedang bergerak untuk mencari kiper baru seusai kiper utama mereka Thibaut Courtois yang mengalami cedera ACL di lutut kirinya saat menjalani sesi latihan tim jelang bergulirnya kompetisi Liga Spanyol atau LaLiga.

Saat ini Real Madrid hanya mempunyai dua kiper utama yang terdaftar di tim utama. Selain Courtois, El Real masih mempunyai satu penjaga gawang Andriy Lunin.

De Gea yang saat ini berstatus bebas agen usai tidak memperpanjang kontrak dengan Manchester United pada Juni lalu, bisa menjadi opsi pengganti yang memungkinkan di bawah mistar gawang Real Madrid.

Kiper berusia 32 tahun itu juga baru saja menolak tawaran dari Inter Milan yang menginginkannya untuk menjadi pengganti Andre Onana yang bergabung ke Manchester United.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya