SOLOPOS.COM - Lin Dan merayakan kemenangannya setelah menaklukkan pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei di final bulu tangkis Olimpiade London, Minggu (5/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Lin Dan merayakan kemenangannya setelah menaklukkan pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei di final bulu tangkis Olimpiade London, Minggu (5/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

JAKARTA –Indonesia memang gagal mencapai final bulu tangkis Olimpiade London 2012. Namun di partai itu ternyata masih ada wakil lain Indonesia yang tak kalah membanggakan. Dia adalah Unang Sukardja, wasit yang menjadi saksi kegemilangan pemain China Lin Dan yang berhasil mempertahankan emas olimpiade nomor tunggal putra di Olimpiade London 2012.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Dalam final bulutangkis tunggal putra di Wembley Arena, Minggu (5/8/2012), Unang Sukardja memperoleh kehormatan memimpin partai final yang mempertemukan Lin Dan melawan Lee Chong Wei asal Malaysia. “Super Dan,” julukan pemain kelahiran Fujian China tersebut berhasil menumbangkan musuh bebuyutannya dalam pertarungan menegangkan 3 set dengan skor 15—21,21—10, dan 21—19.

Lin Dan merupakan peraih medali emas di nomor yang sama 4 tahun silam saat Olimpiade 2008 berlangsung di negaranya sendiri. Pemain peringkat 1 dunia tersebut sempat kewalahan menghadapi gempuran jagoan Malaysia di set pertama. Meski demikian, Lin Dan yang secara head to head lebih unggul atas Lee Chong Wei berhasil mengendalikan permainan di set kedua.

Memasuki set ketiga, kedua pemain mempertunjukan kelasnya. Keduanya saling kejar mengejar poin, sebelum akhirnyan Lin Dan menyudahi permainan dengan skor 21—19. Dengan kemenangan Lin Dan ini, China mendominasi perolehan medali dengan 4 medali emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya