SOLOPOS.COM - Logo BWF

Solopos.com, JAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Rabu (31/5/2023), menyatakan sedang mengupayakan agar para pemain Rusia dan Belarusia dapat berkompetisi di bawah bendera netral menyusul sanksi yang diterapkan kepada Moskow karena invasi ke Ukraina.

Lewat keterangan resminya, BWF mengatakan bahwa setiap atlet harus diizinkan berpartisipasi dalam kompetisi tanpa dihakimi atas paspor mereka serta memisahkan konflik geopolitik di luar olahraga.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Olahraga harus membangun perdamaian dan solidaritas antara semua orang dan tidak boleh menjadi kendaraan politik untuk mempengaruhi geopolitik,” demikian dikutip dari laman resmi BWF.

Menyusul pembahasan yang dilakukan pada awal pekan ini, BWF akan membawa kerangka operasional dan regulasi untuk mengizinkan atlet-atlet berpaspor Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi sebagai atlet individual netral dalam pertemuan dewan federasi tersebut pada Agustus di Kopenhagen, Denmark.

Keputusan itu juga dilatarbelakangi oleh semakin dekatnya penyelenggaraan Olimpiade Paris yang setahun lagi berlangsung di Ibu Kota Prancis itu.

BWF melarang atlet Rusia dan Belarusia berkompetisi pada Maret tahun lalu dan memperpanjang sanksi tersebut satu bulan berselang setelah invasi Moskow ke Ukraina memasuki tahun keduanya.

Atlet dari kedua negara tersebut telah dihujam berbagai sanksi dari berbagai federasi olahraga sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Pada Maret Komite Olimpiade Internasional merekomendasikan para atlet Rusia dan Belarusia dapat kembali berkompetisi, namun tanpa memberi pernyataan lebih lanjut terkait partisipasi mereka di Olimpiade Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya