SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester United, Rio Ferdinand (belakang) dan Nemanja Vidic (depan), berbicara pada wastit Cuneyt Cakir seusai laga leg kedua Liga Champions antaran United dan Real Madrid, Rabu (6/3/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Manchester United, Rio Ferdinand (belakang) dan Nemanja Vidic (depan), berbicara pada wastit Cuneyt Cakir seusai laga leg kedua Liga Champions antaran United dan Real Madrid, Rabu (6/3/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MANCHESTER  – Nama wasit Cuneyt Cakir sedang ramain dibicarakan, menyusul keputusannya yang dinilai sebagian kalangan sudah menentukan hasil dalam pertandingan leg II babak 16 besar antara Manchester United kontra Real Madrid di Old Trafford, Rabu (6/3/2013) dinihari WIB.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Dalam keadaan MU unggul 1-0, yang turut membuat MU unggul agregat 2-1 atas Madrid, Cakir melayangkan kartu merah untuk Nani yang membuat tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 56.

Kartu merah itu ia acungkan menyusul pelanggaran Nani terhadap Alvaro Arbeloa ketika mereka tengah berebut bola. Wasit asal Turki berusia 36 tahun itu menilai bahwa dalam duel tersebut Nani melayangkan kaki terlalu tinggi sehingga layak dapat kartu merah.

Perdebatan lalu muncul mengenai kelayakan kartu merah itu mengingat ada pula yang menganggap bahwa Nani tidak melakukannya dengan sengaja karena matanya terus tertuju kepada bola. Apapun, kartu merah terus berlaku dan MU yang bermain dengan 10 pemain lantas kebobolan dua gol balasan dan kalah 1-2 dari Madrid. MU pun tersingkir dari Liga Champions dengan agregat 2-3.

Sebelum laga itu, Cakir tercatat sudah dua kali mewasiti ‘Setan Merah’. Saat itu dua kali pula MU gagal menang; satu kali kalah dan satu kali imbang. Deretan hasil tak manis untuk tim Sir Alex Ferguson saat Cakir jadi pengadil lapangan pun kini bertambah.

Yang menarik, Cakir rupanya punya catatan tersendiri dalam mengartu merah pemain-pemain yang membela klub Inggris. Sebelum Nani sudah ada nama Gary Cahill, Steven Gerrard, John Terry, dan Mario Balotelli.

Seperti dipaparkan Eurosport, Balotelli mendapat kartu merah dalam laga Liga Europa di tahun 2011. Ketika itu Balotelli masih membela Manchester City yang sedang menghadapi Dinamo Kiev.

Pada tahun 2012, Terry yang bermain untuk Chelsea menyusul dapat kartu merah dari Cakir. Itu terjadi dalam laga semifinal Liga Champions antara Chelsea kontra Barcelona.

Di tahun yang sama, Gerrard yang kapten Liverpool juga mendapat kartu merah dari Cakir. Bedanya itu terjadi ketika Gerrard sedang membela timnas Inggris dalam laga kualifikasi Piala Dunia, saat berhadapan dengan Ukraina.

Masih di tahun 2012, Cahill yang merupakan rekan seklub Terry di Chelsea mendapat kartu merahnya dari Cakir ketika sedang berlaga di Piala Dunia Antarklub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya