SOLOPOS.COM - Liga 1 2022-2023 (Liga Indonesia Baru)

Solopos.com, SOLOPT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan akan menerapkan penggunaan teknologi video assistant referee (VAR) pada Liga 1 musim 2023/2024 mendatang. Teknologi itu akan digunakan mulai putaran kedua awal 2024.

Kepastian itu terdapat dalam ketentuan yang dibuat PT LIB mengenai Liga 1 musim depan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dikutip dari laman resmi LIB, ligaindonesiabaru.com, Selasa (16/5/2023), ketentuan tersebut tertuang dalam surat PT LIB bernomor 209/LIB-COR/V/2023. PT LIB telah mengirimkan surat itu kepada semua klub peserta BRI Liga 1 2023/2024.

PT LIB membentuk departemen VAR yang telah mulai bekerja dalam langkah awal proses implemetasi penerapan VAR di kompetisi Liga 1 2023/24 sesuai panduan dari FIFA. VAR akan disimulasikan dan diterapkan pada putaran kedua awal 2024.

Untuk mendukung implementasi VAR di setiap stadion, LIB meminta klub mempersiapkan beberapa hal, seperti:
-Menaikkan kekuatan pencahayaan stadion menjadi minimal 1200 lux.
-Secara progresif, mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED.
-Menggunakan LED board dalam implemetasi komersial di perimeter stadion.

PT LIB juga membuat aturan terkait penggunaan pemain untuk Liga 1 musim 2023/2024 mendatang. Ketentuan itu mencakup penggunaan pemain lokal dan pemain asing.

Aturan tentang penggunaan pemain di antaranya:

-Kuota maksimal pemain setiap klub maksimal 35 pemain dengan ketentuan batas usia pemain minimum kelahiran 1 Juli 2006.

-Kewajiban memainkan pemain minimal satu pemain U-23 (kelahiran maksimal 1 Juli 2001) dalam starting XI dengan durasi bermain minimal 45 menit.

Jika pemain tersebut membela timnas nasional (timnas), penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada klub.

-Kuota pemain asing yang didaftarkan sebanyak 5 (bebas) + 1 (pemain dari negara ASEAN). Seluruh pemain asing dapat dimainkan dalam setiap pertandingan (total pemain asing 6 orang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya