SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Iker Casillas (kiri) dan Xavi (kanan) menerima penghargaan Prince of Asturias, Rabu (5/9/2012) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/REUTERS

MADRID—Kapten Spanyol, Iker Casillas dan rekan setimnya, Xavi, meraih  penghargaan paling bergengsi bagi insan olahraga, Premio Principe de Asturias de los Deportes atau Prince of Asturias di bidang olahraga. Penghargaan ini diberikan bagi entitas individu atau organisasi dari seluruh dunia atas prestasi yang mereka raih.
Kiper Real Madrid dan playmaker Barcelona ini secara resmi diumumkan sebagai peraih penghargaan, Rabu (5/9/2012) waktu setempat. Kedua dinyatakan menang setelah meraih tujuh dari 11 suara yang ada.
Casillas dan Xavi dianggap berperan penting atas kesuksesan Spanyol mempertahankan trofi Piala Eropa dan merebut gelar Piala Dunia 2010. Namun, bukan ini yang menjadi dasar pertimbangan para juri memilih keduanya.
Persahabatan keduanya yang terjalin harmonis, meski membela klub yang berbeda, menjadi alasan para juri memilihnya. Keduanya membantu menyelesaikan perselisihan antarpemain dari klub yang berbeda di tubuh Timnas Spanyol, mempromosikan fair play serta menjunjung tinggi filosofi tim sebagai kunci sukses.
Persahabatan Casillas dan Xavi memang telah terjalin sejak keduanya membela Spanyol U-20 pada Piala Dunia 1999. Meski kini, membela dua klub berbeda dengan rivalitas tinggi, Casillas di Madrid dan Xavi bersama Barcelona, namun hubungan keduanya tetap terjaga.
“Memang selalu ada ketegangan, namun persahabatan datang lebih dulu dibanding segalanya,” ujar Xavi di sela-sela latihan bersama Timnas Spanyol di kamp pelatihan Madrid seusai mendengar pengumuman ini, Rabu waktu setempat.
“Ini pengakuan atas jerih payah kami, tapi juga bagi seluruh generasi pemain, beberapa di antaranya yang telah menjalin pertemanan selama15 tahun,” imbuh Xavi.
Sementara, Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengatakan penghargaan ini menjadi bukti kinerja fantastis yang telah dilakukan akademi-akademi sepakbola di Spanyol, baik di level klub maupun tim nasional.
“Ini adalah sesuatu yang melampaui apa yang telah mereka capai. Casillas dan Xavi adalah contoh pemain di lapangan, tapi juga teladan di luar lapangan,” ujar Blatter.
Penghargaan ini juga pernah diberikan kepada sederet atlet ternama lainnya, seperti Sebastian Coe (1987), Seve Ballesteros (1989), Steffi Graf (1999), Lance Armstrong (2000) serta Rafael Nadal (2008). Timnas Spanyol juga pernah memenangkannya pada 2010 lalu, setelah menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan.
Casillas dan Xavi akan menerima penghargaan tersebut di sebuah acara di kota Asturian of Oviedo, 26 Oktober 2012. Penghargaan akan diberikan oleh Pangeran Felipe dan istrinya Putri Letizia.
Penerima penghargaan akan mendapatkan patung karya seniman Spanyol, Joan Miro serta uang sebesar 50.000 euro atau senilai Rp605 juta.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya