SOLOPOS.COM - Klub sepak bola Arab Saudi, Al Nassr, telah membuat gebrakan dengan mendatangkan Cristiano Ronaldo. (Solopos.com/Tri Wiharto)

Solopos.com, RIYADH – Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Nassr, hingga Juni 2025. Siapa pemilik Al Nassr ini sebuah klub yang mampu membayar Ronaldo hingga Rp3,3 triliun per tahunnya?

Al Nassr yang bermarkas di Riyadh, Arab Saudi, menjadi klub profesional kelima bagi Ronaldo, setelah sebelumnya ia bermain bersama Sporting CP, Manchester United (dua kali), Real Madrid, dan Juventus. Al Nassr didirikan pada tahun 1955. Al Nassr adalah salah satu klub tersukses di Arab Saudi. Trofi yang telah mereka menangkan diperkirakan mencapai 27 di semua kompetisi.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Di level domestik, klub telah memenangkan sembilan gelar Liga Primer Arab Saudi, enam Piala Raja, tiga Piala Putra Mahkota, tiga Piala Federasi, dan dua Piala Super Saudi. Al Nassr dilatih oleh Rudi Garcia, yang pernah bekerja di beberapa klub Eropa, termasuk AS Roma, Marseille, dan Lille.

Siapa pemilik Al Nassr yang mau membayar Ronalo hingga Rp3,3 triliun per tahun?

Klub Al Nassr didirikan oleh Zeid Bin Mutlag pada tahun 1955, saat itu masih amatir. Klub ini memiliki sistem presidensial dan sering dikelola oleh pangeran dan syekh Arab Saudi.

Pangeran Arab Saudi, Abdul Rahman bin Saud Al Saud, mengambil alih Al Nassr pada tahun 1960 dan menjadikannya klub profesional. Dialah yang mendanai klub Al Nassr hingga menjadi terkenal secara finansial.

Setelah pemilik Al Nassr, Abdul Rahman bin Saud Al Saud wafat pada 2004, klub ini tetap menerima dukungan finansial dari Arab Saudi.

Sementara itu, dikutip dari AS, Presiden klub Al Nassr saat ini adalah Musalli Al-Muammar, mantan ketua Liga Pro Arab Saudi. Pada tahun 2021, Al-Muanmar menjadi pilihan utama Pangeran Khalid bin Fahd bin Abdulaziz yang merupakan donatur utama bagi Al Nassr.

Al-Muanmar adalah sarjana di bidang keuangan dari King Fahd University of Petroleum and Minerals. Ia juga mendapatkan gelar master komunikasi pemasaran dari Manchester Metropolitan University, dan gelar master eksekutif global dalam hukum olahraga internasional dari Higher Institute of Law and Economics di Spanyol.

Saat ini Al Nassr menjadi salah satu klub kaya raya bersama sang pemiliknya yang mampu membayar Ronaldo hingga Rp3,3 triliun per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya