SOLOPOS.COM - Ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani membawa pulang gelar juara Spain Masters 2024 setelah mengalahkan wakil Malaysia Junaidi Arif/Roy King Yap di partai final, Minggu (31/3/2024) waktu setempat. (Istimewa)

Solopos.com, MADRID — Ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani membagikan kisah menjadi “backpacker” sebelum menjuarai Spain Masters 2024, beberapa hari lalu.

Sabar/Reza mempersiapkan semua akomodasi dan fasilitas secara mandiri dengan dana tur Eropa yang dikeluarkan seminimal mungkin.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Ganda putra yang kini menempati peringkat ke-26 dunia tersebut menjalani tur Eropa dengan mengikuti kompetisi Orleans Masters, Swiss Open, dan Spain Masters.

“Dari awal mengurus sendiri, mulai booking tiket pesawat, apartemen, mencari bujet paling masuk karena dari ofisial harganya tinggi jadi tidak kami pilih demi menekan bujet,” kata Reza Pahlevi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Ia menceritakan, dari jakarta mereka terbang hampir satu hari ke Paris, dilanjutkan naik kereta dan harus transit beberapa jam.

“Total kami itu satu setengah hari di luar, jadi itu mungkin kondisi yang sebenarnya berpengaruh saat main,” tambahnya.

Mengenai konsumsi dan nutrisi, Sabar mengungkapkan lebih memilih tinggal di apartemen dan menyiapkan konsumsi dan nutrisi selama tur dengan memasak sendiri untuk menekan pengeluaran.

“Kenapa memilih di apartemen dan tidak di hotel, karena hotel bujetnya tidak masuk dan space (ruangan)-nya terlalu kecil. Biar nyaman dan asupan nutrisi terjaga, mau tidak mau harus masak,” ujar Sabar.

Sabar/Reza selain menjadi backpacker juga menemui kendala selama perjalanan di tur Eropa.

Saat tampil di babak semifinal kejuaraan Swiss Open, Sabar mengalami cedera di bagian bahu dan punya niatan untuk mundur dari Spain Masters karena kondisi cedera yang dikhawatirkan dapat lebih membahayakan.

“Sebetulnya berharap di Swiss Open 2024 bisa All Indonesian Final, cuma gagal. Di set pertama dari segi permainan siapa yang siap dia yang menang,” ujar Reza.

Namun perjuangan yang dilalui oleh Sabar/Reza berbuah manis dengan menjadi finalis di Orleans Masters lalu semifinalis di Swiss Open dan puncaknya menjuarai Spain Masters.

Seusai sukses menjadi backpacker selama tur Eropa, Sabar/Reza kini membidik gelar pada sejumlah kejuaraan Asia.

“Selanjutnya ada Thailand Open, Malaysia Masters itu 500, Singapore Open 750, dan Indonesia Open itu 1000. Mulai Mei sampai Juni,” ujar Sabar.

Juara di Spanyol

Diberitakan sebelumnya, ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani membawa pulang gelar juara Spain Masters 2024 setelah mengalahkan wakil Malaysia Junaidi Arif/Roy King Yap di partai final, Minggu (31/3/2024) waktu setempat.

Sabar/Reza menang atas Arif/Yap melalui rubber game 21-18, 17-21, 21-19 dalam tempo 52 menit pada turnamen BWF 300 itu.

Kemenangan ini menjadi lebih spesial karena merupakan gelar juara pertama Sabar/Reza dalam BWF World Tour, setelah menjadi finalis Orleans Masters 2024 dan semifinalis Swiss Open 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya