SOLOPOS.COM - Aksi Cesar Azpilicueta (biru) saat Chelsea melawan West Bromwich Albion. (Reuters / John Sibley)

Cesar Azpilicueta berperan dalam cemerlangnya performa Chelsea.

Solopos.com, LONDON – Pikiran orang mungkin langsung tertuju pada Diego Costa atau Eden Hazard jika membahas penampilan gemilang Chelsea musim ini. Maklum, kedua pemain itu andil dalam banyak gol yang diciptakan The Blues, julukan Chelsea. Costa bahkan menjadi top skorer sementara Liga Premier dengan 14 gol yang membuat timnya nangkring di puncak klasemen.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Namun dalam sebuah tim, selalu saja ada unsung hero atau pahlawan tanpa tanda jasa. Di Chelsea, predikat itu mungkin layak diberikan pada Cesar Azpilicueta. Ya, bek kelahiran Pamplona, Spanyol, 27 tahun lalu ini menjadi satu-satunya pemain yang tak tergantikan di skuat The Blues sepanjang tahun 2016.

Total mantan bek Osasuna ini melahap 3.420 menit pertandingan sepanjang tahun lalu. Hanya tiga pemain di Liga Premier yang mampu menyamai capaiannya yakni David de Gea (Manchester United), Wes Morgan (Leicester City) dan Steve Cook (Bournemouth). Mereka pun dijuluki Iron Man oleh media Bleacher Report.

Mungkin tak banyak yang menyangka Azpilicueta akan menjadi bagian vital dalam kerangka tim pelatih Antonio Conte. Musim lalu Azpilicueta tak bermain cukup baik sehingga membuat Chelsea terjebak di posisi sembilan klasemen akhir. Formasi tiga bek yang diterapkan Conte pun mestinya menggusur sang pemain yang notabene lebih banyak beroperasi sebagai bek sayap.

Namun anggapan itu ternyata salah. Azpilicueta justru menjadi pilihan utama untuk mengisi satu posisi di lini pertahanan bersama David Luiz dan Gary Cahill. Dia meminggirkan pemain yang berposisi murni sebagai bek sentral seperti John Terry atau Branislav Ivanovic yang kerap dipasang menjadi bek tengah.

Tiga kali Azpilicueta menjadi man of the match pada laga Liga Premier musim ini. Capaian yang menggambarkan solidnya sang pemain di lini pertahanan. Penampilan stabilnya pun ikut andil membuat gawang The Blues jarang kebobolan.

Total Chelsea baru kemasukan 13 gol dari 19 laga di kompetisi lokal, terminim dibanding klub lain. Dia juga membukukan satu assist dan 88,9% umpan sukses di Liga Premier. “Saya merasa benar-benar diterima sejak tiba di klub ini, itu membuatku merasa yakin di tempat yang tepat saat ini. Tidak ada keraguan akan hal itu,” ujar Azpilicueta seperti dilansir Squawka.

Bersama Conte, pemain yang didatangkan dari Marseille senilai 7 juta poundsterling ini yakin dapat memenangi gelar Liga Premier. Dia ingin membalas capaian musim lalu yang baginya sangat menyakitkan. Keyakinannya pada Chelsea membuatnya menolak pinangan Barcelona di awal musim ini. “Saat ini kesempatan itu ada di tangan kami. Kami harus benar-benar mendapatkannya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya