SOLOPOS.COM - Striker FC Basel, Mohamed Salah (kiri), merayakan golnya di masa injury time yang membuat timnya memimpin 0-1 atas Chelsea pada semifinal leg kedua Liga Europa di Stamford Bridge, London, Jumat (3/5/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker FC Basel, Mohamed Salah (kiri), merayakan golnya di masa injury time yang membuat timnya memimpin 0-1 atas Chelsea pada semifinal leg kedua Liga Europa di Stamford Bridge, London, Jumat (3/5/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SOLO – Basel unggul sementara 1-0 atas Chelsea pada semifinal leg kedua Liga Europa. Gol Basel pada babak pertama diciptakan oleh Mohamed Salah pada masa injury time.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Chelsea mengantongi modal berharga saat menjamu Basel pada semifinal leg kedua Liga Europa di Stamford Bridge, London, Jumat (3/5/2013) dini hari WIB. Kemenangan 2-1 di kandang Basel pada pertemuan pertama, tengah pekan lalu, membuat Chelsea tinggal membutuhkan hasil seri untuk memastikan langkahnya ke final.

Kendati demikian, hal itu tak membuat Chelsea bermain aman. The Blues, julukan Chelsea, tetap tampil dengan formasi menyerangnya dengan skema 4-2-3-1. Fernando Torres tetap menjadi pilihan utama di lini depan.

Sementara di lini kedua, manajer interim Chelsea, Rafa Benitez, menempatkan Victor Moses, Ramires dan Eden Hazard. Ketiganya didukung oleh dua gelandang penyeimbang, Frank Lampard dan David Luiz.

Di sisi lain, Basel yang mencari kemenangan di kandang lawan tampil dengan formasi menyerang 4-3-3. Trio Marco Steller, Mohammed Sallah dan Stocker menjadi pilihan utama pelatih Murat Yakin di lini depan.

Formasi yang saling terbuka ini tak pelak menghasilkan pertandingan dalam tempo tinggi sejak peluit kick off dibunyikan. Basel sempat member ancaman saat pertandingan memasukki menit pertama melalui Steller. Namun, tembakan striker asal Swiss itu masih menyamping di sisi kiri gawang Chelsea, yang dijaga Petr Cech.

Tak mau ketinggalan, Chelsea pun menebar ancaman. Pada menit kedelapan, The Blues nyaris memecah kebuntuan melalui Frank Lampard. Sayang, sepakan gelandang Timnas Inggris hasil kerja sama satu dua dengan Torres masih membentur mistar gawang Basel, yang dikawal Yan Sommer.

Jual beli serangan kedua belah kubu tak berhenti sampai di sini. Chelsea yang banyak menggandalkan direct ball dan keunggulan lini tengahnya acap menciptakan peluang berbahaya.

Di sisi lain, Basel juga tak mau ketinggalan melakukan tekanan. Wakil Swiss ini banyak memainkan bola dari kaki ke kaki sebelum memberi sengatan ke lini pertahanan Chelsea.

Dilansir uefa.com, kekuatan kedua tim di babak pertama berimbang. Meski demikian dari penguasaan bola tim tamu unggul tipis 52 persen berbanding 49 persen.

Unggul penguasaan bola ini membuat Basel akhirnya mampu memecah kebuntuan pada masa injury time. Menjelang peluit berakhir , gawang Chelsea justru kebobolan lewat Salah yang memanfaatkan umpan terobosan Stocker.

Susunan pemain

Chelsea (4-2-3-1)

?ech (Gk); Ivanovi?, Cahill, Azpilicueta, Bertrand; Luiz, Lampard; Ramires, Hazard, Moses; Torres

Basel (4-3-3)

Sommer(Gk); Voser, Schär, Sauro, Steinhöfer; F Frei, Die, Elney; Stocker, Salah, Streller

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya