SOLOPOS.COM - Petenis putri Spanyol Garbine Muguruza Blanco mengembalikan bola Angelique Kerber dalam Wuhan Open. JIBI/Reuters/China Daily

China Open 2015 bagi sejumlah petenis putrid dunia dijadikan ajang untuk berburu point agar bisa mengikuti WTA Finals.

Solopos.com, BEIJING—Bintang tenis baru asal Spanyol, Garbine Muguruza, berpeluang besar tampil di WTA Finals 2015 yang bakal digelar November mendatang. Petenis nomor lima dunia ini tengah berburu poin di ajang China Open 2015 demi terkualifikasi ke ajang pamungkas tur WTA di Singapura.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Petenis muda berusia 21 tahun itu mengawali perjuangan dengan meyakinkan di China Open, Rabu (7/10/2015). Ia menundukkan petenis asal Amerika Serikat, Irina Falconi, dua set langsung, 6-2, 6-1, di babak kedua. Di babak ketiga ia ditantang petenis veteran asal Kroasnia, Mirjana Lucic-Baroni.

Jika Muguruza berhasil mencapai perempat final, secara otomatis runner up Wimbledon 2015 itu lolos ke WTA Finals 2015 untuk kali pertama sepanjang kariernya. Selain itu, Muguruza menjadi petenis Spanyol pertama yang memijakkan kaki di turnamen ini sejak Arantxa Sánchez-Vicario di musim 2001 lalu.

“Saya tak tahu soal hitungan lolos ke Singapura. Saya hanya tahu saya akan terkualifikasi jika tampil apik di China. Namun, saya tak paham tepatnya di babak apa tiket itu bisa dipastikan. Saya kira ini menambah motivasi saya,” papar Muguruza, dilansir wtatennis, Rabu.

Hal serupa juga tengah diincar Angelique Kerber. Petenis nomor 10 dunia itu menjaga peluang untuk bisa tampil di Singapura dengan bermain apik di Beijing. Petenis terbaik Jerman ini melaju ke babak ketiga selepas mendepak Dominika Cibulkova, 6-1, 6-4.

Seandainya Kerber melaju ke WTA Finals, ini akan menjadi pencapaian terbaik di musim 2015. Ia sudah mengemas empat gelar, yakni WTA Charleston, Stuttgart, Birmingham, dan Stanford. Meski duduk di peringkat ke-10 dunia, Kerber berada di urutan ketujuh menuju Singapura. “Saya senang dengan yang sudah kami raih di musim ini. Saya berharap bisa lebih baik di musim depan,” kata Kerber.

Namun, jalan Kerber tak akan mudah karena ia mesti berjumpa dengan musuh bebuyutan sekaligus mantan petenis nomor satu dunia, Caroline Wozniacki. Apalagi Wozniacki juga berambisi besar untuk meloloskan diri ke Singapura.

“Awalnya saya hanya berpikir soal bermain di Beijing dan Linz. Saya tak berpikir Singapura mengingat kondisi saya yang banyak mengalami cedera. Saya berharap bisa menutup musim lebih baik,” jelas Wozniacki.

Sementara ini, sudah tiga petenis yang lolos ke Singapura. Mereka adalah petenis peringkat tiga besar, Serena Williams, Simona Halep, dan Maria Sharapova. Hanya, Serena kemungkinan absen karena kelelahan. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya