SOLOPOS.COM - Robin van Persie dkk berhasrat menundukkan Wigan Athletic untuk mengkangkat trofi Community Shield 2013 di Stadion Wembley, London, Minggu (11/8/2013) malam WIB. (dok.JIBI/Solopos/Reutrs)

Robin van Persie dkk berhasrat menundukkan Wigan Athletic untuk mengkangkat trofi Community Shield 2013 di Stadion Wembley, London, Minggu (11/8/2013) malam WIB. (dok.JIBI/Solopos/Reutrs)

Robin van Persie dkk berhasrat menundukkan Wigan Athletic untuk mengkangkat trofi Community Shield 2013 di Stadion Wembley, London, Minggu (11/8/2013) malam WIB. (dok.JIBI/Solopos/Reutrs)

Solopos.com, LONDON — Manchester United berpeluang meraih trofi perdana mereka di turnamen kompetitif sejak berakhirnya rezim Sir Alex Ferguson, saat turun melawan Wigan Athletic di ajang Community Shield, di Stadion Wembley, London, Minggu (11/8/2013) malam WIB.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Jalan United dan Wigan untuk menembus turnamen penanda musim baru Liga Premier di Wembley ada sedikit kemiripan. Setan Merah, julukan United, mendapatkan tiket ke Community Shield setelah memenangi persaingan dengan Manchester City untuk memuncaki klasemen akhir Liga Premier 2012/2013. Adapun Wigan secara sensasional mengalahkanCity di babak final Piala FA musim lalu, untuk bertemu United di Wembley.

Wigan hanya memiliki persiapan empat bulan untuk kembali Wembley, setelah di stadion yang sama mereka memecundangi City dengan skor 1-0 di final Piala FA. Sementara Rio Ferdinand dkk akan tiba di Wembley, untuk merebut trofi pertama mereka tanpa Ferguson sejak 1985, yang pensiun sebagai nakhoda Setan Merah di pengujung akhir musim lalu.

Meski sama-sama memenangi gelar turnamen di musim lalu, pantas diakui United masih berada di level lebih atas ketimbang Wigan. Musim lalu, The Latics tidak bisa bertahan di Liga Premier dan terpaksa terdegradasi ke Championships, turnamen kasta kedua sepak bola Inggris.

“Wigan berada dalam jalur yang benar untuk berada di sini. Saya harap itu akan menjadi sesuatu yang baru dari Wigan, namun kami akan memberi semua respek yang pantas mereka dapatkan,” beber manajer baru United, David Moyes, dilansir Daily Mail, Sabtu (10/8/2013) WIB.

Sayang, Manchester United tidak mendapatkan modal bagus di laga pramusim 2013/2014. Pasukan David Moyes menelan dua kali kekalahan dan hanya menang sekali dalam lima laga Tur Asia-Australia, bulan lalu. Terakhir, Manchester Merah dipermalukan Sevilla dengan skor 1-3 di duel testimonial Rio Ferdinand di kandang kebesara United, Old Trafford, Jumat (9/8/2013) waktu setempat.

Sebaliknya, The latics mampu menunjukkan keperkasaan mereka dengan memecundangi Barsley 4-0 di duel pembuka Championships 2013/2013.  Kemenangan besar itu, sontak membuat kampanye perdana manajer baru Wigan, Owen Coyle, untuk membawa kembali The Latics ke Liga Premier di musim berikutnya, menjadi sempurna.

Oleh karena itu, status sebagai tim yang berada di kasta tertinggi belum tentu menggaransi United mengankat trofi Community Shield di Wembley. Apalagi, Moyes diperkirakan tidak bisa membawa skuat terbaiknya ke Wembley.

Bintang Manchester United, Wayne Rooney, yang santer dispekulasikan bakal hengkang dari Old Trafford pada musim panas ini, kemungkinan besar tidak akan turun di Wembley. Striker yang sedang diminati Chelsea itu, mengalami cedera bahu dan sempat absen ketika United bertemu Real Betis dan AIK pada laga pramusim. Bahkan, Rooney juga tidak masuk dalam daftar pemain cadangan ketika melawan Sevilla di Old Trafford.

“Saya tidak yakin dia [Rooney] akan bisa fit dan dapat diturunkan [di Wembley]. Tentu kami masih berharap dia bisa diturunkan, namun saya merasa dia tidak ingin melakukan itu,” terang Moyes, dilansir Soccerway.

Sementara itu, Wigan harus mampu membuktikan pembelian besar-besaran yang mereka lakukan di bursa transfer pemain musim panas ini tidaklah mubazir. James McClean yang menjadi pemain baru The Latics ke-10 pada musim ini, diharapkan mampu mempersulit langkah United mengangkat gelar di Community Shield.

 

Prakiraan Line-Up

MANCHESTER UNITED: (4-3-3) Manajer, David Moyes

De Gea; Rafael, Vidic, Evans, Evra; Carrick, Cleverley, Jones; Welbeck, Van Persie, Zaha.

 

WIGAN ATHLETIC: (4-3-3) Manajer, Owen Coyle

Carson; Boyce, Perch, Barnett, Crainey; Watson, McCarthy, McArthur; Maloney, Holt, Beausejour.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya