SOLOPOS.COM - Ilustrasi Liga Champions. (istimewa)

Solopos.com, SOLO–Drawing atau pengundian grup peserta Liga Champions 2023/2024 akan digelar malam nanti, simak daftar seluruh tim dan pembagian pot-nya.

Drawing Liga Champions 2023/2024 akan digelar di Grimaldi Forum, Monaco, pada Kamis (31/8/2023) pukul 23.00 WIB. Sebanyak 26 tim sudah mengamankan tempat di fase grup Liga Champions lewat pencapaian di kompetisi domestik musim lalu.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Enam tim lainnya mendapatkan tempat di fase grup melalui babak kualifikasi dan playoff. Enam tim yang lolos dari playoff Liga Champions meliputi Antwerp, Braga, FC Copenhagen, Galatasaray, PSV Eindhoven, dan Young Boys. Total ada 32 tim.

Spanyol menjadi negara dengan wakil terbanyak di fase grup Liga Champions 2023/2024 dengan lima tim. Slot tim Spanyol bertambah setelah Sevilla menjadi juara Liga Europa 2022-2023 berkat kemenangan atas AS Roma di final.

Sementara itu Inggris, Jerman, dan Italia mengirimkan masing-masing empat tim ke fase grup Liga Champions. Nantinya 32 tim yang sudah menggenggam tiket Liga Champions akan dibagi ke dalam delapan grup yang setiap grup berisi empat tim.

Grup neraka berpeluang terjadi. Sebab, ada beberapa tim besar yang masuk non-unggulan (Pot 2-4) dan akan berjumpa tim-tim unggulan di Pot 1.

Ada beberapa aturan dalam drawing fase grup Liga Champions, di antaranya yakni tim-tim dari satu negara tak boleh bertemu di babak grup.  Kemudian, tim dari pot yang sama juga tidak boleh digabungkan dalam satu grup.

Berikut daftar seluruh tim dan pembagian pot drawing Liga Champions 2023/2024:

  • Pot 1: Manchester City, Sevilla, Barcelona, Napoli, Bayern Munchen, PSG, Benfica, Feyenoord.
  • Pot 2: Real Madrid, Manchester United, Inter Milan, Borussia Dortmund, Atletico Madrid, RB Leipzig, Porto, Arsenal.
  • Pot 3: Shakhtar Donetsk, Salzburg, AC Milan, Braga, PSV, Lazio, Red Star Belgrade, FC Copenhagen.
  • Pot 4: Real Sociedad, Galatasaray, Celtic, Newcastle, Union Berlin, Lens, Antwerp, Young Boys.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jadwal Drawing Liga Champions: Spanyol Punya Wakil Terbanyak”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya