SOLOPOS.COM - Logo Saudi Pro League

Solopos.com, SOLO – Berikut kami sajikan daftar 5 klub sepak bola terkaya di Arab Saudi. Data klub tersebut disarikan dari laman penyedia statistik sepak bola Transfermarkt serta dari berbagai sumber.

Dengan penandatanganan legenda sepak bola Cristiano Ronaldo, Liga Pro Saudi mengalami ledakan popularitas dan ketenaran yang masif. Beberapa sponsor utama di seluruh dunia tertarik pada klub dan rela membayar mereka uang yang cukup besar sesuai kesepakatan promosi.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Dengan demikian, tim menghasilkan pendapatan besar dan meningkatkan kekayaan bersih mereka. Untuk daftar klub sepak bola terkaya di Arab Saudi ini diukur berdasarkan nilai mereka saat ini yang tentu saja bisa naik dan turun tergantung pergerakan pasar.

Berikut adalah daftar 5 klub terkaya di Arab Saudi saat ini:

1. Al-Hilal

Al-Hilal merupakan anggota dari Saudi Pro League atau Liga Profesional Arab Saudi. Terhitung per Sabtu (5/8/2023), nilai klub tersebut mencapai 163,40 juta euro atau setara US$180 juta, mencapai Rp2,72 triliun. Saat ini mereka berada di puncak daftar klub terkaya di Arab Saudi dihitung berdasarkan nilai mereka.

2. Al-Nassr

Seperti diketahui Al-Nassr merupakan klub Arab Saudi yang membuat heboh dunia sepak bola beberapa waktu yang lalu dengan mendatangkan megabintang Cristiano Ronaldo. Efek domino kepindahan Ronaldo tersebut langsung terasa dengan banyaknya pemain hebat Eropa yang akhirnya memilih Liga Arab Saudi sebagai pelabuhan mereka selanjutnya.

Al-Nassr saat ini punya nilai hingga 152,98 juta euro atau setara US$168,6 juta dan diprediksi akan terus berkembang karena deretan bintang sepak bola dunia yang bermain untuk mereka. Pada Februari 2023 lalu, laman Totalsportal menulis nilai pasar Al-Nassr berada di kisaran US$87,7 juta.

Artinya faktor kedatangan Ronaldo berpangaruh signifikan dalam mendongkrak nilai mereka.

3. Al-Ittihad

Saati Ittihad menduduki posisi ketiga dalam daftar klub terkaya Arab Saudi. Ittihad punya nilai 119,88 juta euro.

Klub Al-Ittihad kini menjadi salah satu tim terkaya di Liga Pro Saudi. Mereka telah tampil sangat baik dari dua hingga tiga tahun terakhir yang menginspirasi para investor untuk memasukkan uang ke dalam tim. Pada awal 2023 lalu klub ini memiliki nilai pasar $31,6 juta dan saat ini telah menjadi US$132,1 juta.

4. Al-Ahli

Klub anggota Liga Profesional Arab Saudi ini punya nilai 95,08 juta euro. Berada di posisi keempat sebagai klub terkaya di Arab Saudi, Al-Ahli juga mengalami peningkatan dalam hal nilai pasar mereka saat ini.

5. Al-Ettifaq

Klub ini juga menghebohkan dunia sepak bola setelah mampu meyakinkan kapten Liverpool Jordan Henderson untuk merumput bersama mereka di Liga Arab Saudi. Nilai Al-Etiifaq saat ini mencapai 44,53 juta euro dan menjadi klub terkaya urutan kelima di Arab Saudi.

Pemilik klub telah menjual hak siar dengan harga sangat tinggi yang meningkatkan kekayaan tim. Selain itu, penjualan kaos dan kesepakatan sponsor dengan merek-merek terkenal juga memberikan uang yang sangat besar kepada pemilik dan nilai pasar tim meningkat dari sebelumnya di awal 2023 senilai US$30,8 juta, kini menjadi US$49,1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya