SOLOPOS.COM - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid (tengah) bersama Event Officer International Federation of Sport Climbing (IFSC) Alessandro Di Cato (kiri) dan Event Delegate IFSC Stanley Yeo (kanan) memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat (5/5/2023). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA – Daftar lengkap atlet Indonesia yang akan bersaing di ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Jakarta. Indonesia akan menurunkan sebanyak 22 atlet terdiri atas 12 putra dan 10 putri.

Piala Dunia Panjat Tebing 2023 yang akan berlangsung di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pada Sabtu-Minggu (6-7/5/2023). Demikian disampaikan Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid saat ditemui awak media di Jakarta Pusat, pada Jumat (5/5/2023).

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Sebanyak 22 atlet Indonesia yang akan bertarung di Piala Dunia Panjat Tebing 2023 tersebut nantinya akan turun di satu nomor perlombaan yaitu nomor kecepatan (speed) untuk pria dan wanita. “Sekitar 22 atlet. Sebanyak 12 putra dan 10 putri,“ kata Yenny.

Sementara itu, jumlah negara dan atlet yang mengikuti Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Indonesia ini, Yenny memaparkan terdapat 24 negara dengan total 120 atlet yang berpartisipasi.

“Kejuaraan dunia panjat tebing kategori kecepatan merupakan salah satu satu seri kejuaraan dunia IFSC,” kata Yenny.

“Jadi 24 negara, Asia, negara Eropa, negara dari Amerika. Contohnya Singapura, Jepang, China, negara Amerika, Eropa, itu semua negara-negara yang ikut,” lanjutnya.

Bicara tentang target, wanita kelahiran Jombang, Jawa Timur itu mengatakan Indonesia berharap para atlet bisa mempertahankan prestasinya di kejuaraan sebelumnya.

Di kejuaraan IFSC Climbing World Cup atau Piala Dunia Panjat Tebing seri sebelumnya yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan, akhir April lalu, Indonesia melalui Veddriq Leonardo membuat rekor dunia sebagai yang tercepat pada nomor speed putra dengan catatan waktu 4,90 detik.

Di ajang yang sama, Veddriq juga meraih medali emas setelah di babak final membukukan 5,01 detik, mengalahkan Jinbao Long dengan catatan waktu 5,12 detik. Selain emas, Indonesia juga berhasil membawa medali perunggu yang diraih Desak Made Rita Kusuma Dewi dari nomor speed putri.

Veddriq Leonardo masuk dalam daftar atlet Indonesia di Piala Dunia Panjat Tebing 2023 Jakarta serta menjadi salah satu andalan untuk meraih medali juara selain juga ada nama Aspar maupun Kiromal Katibin, dll.

“FPTI sendiri targetnya atlet kita bisa mempertahankan prestasinya, syukur-syukur bisa all Indonesian final. Kalo gak bisa nanti dapat medali, kalo bisa medali emas tetap,” kata Yenny.

Di edisi Piala Dunia Panjat Tebing 2023, Indonesia menjadi lokasi penyelenggaraan seri ketiga setelah sebelumnya berlangsung di Hachioji, Jepang (21-23 April) dan Seoul, Korea Selatan (28-30 April).

Berikut ini daftar lengkap atlet Indonesia untuk Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Jakarta:

12 Atlet putra
Veddriq Leonardo
Aspar
Pangeran Septo Wibowo Siburian
Raharjati Nursamsa
Aditya Tri Syahria
Kristanto Ramski Aswin
Muhammad Hinayah
Rahmad Adi Mulyono
Sabri
Muhammad Fajri Alfian
Zainal Aripin
Kiromal Katibin

10 Atlet putri
Desak Made Rita Kusuma Dewi
Eka Dian Krismawati
Nurul Iqamah
Rajiah Sallsabillah
Susan Nurhidayah
Puja Lestari
Alivany Ver Khadijah
Nurma Anjani
Mutia Amanda Narda
Surya Kusuma Berthdigna Devi

Sementara itu, besok pihak International Federation of Sport Climbing (IFSC) melalui perwakilannya Alessandro Di Cato akan dilakukan pengecekan terakhir venue Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Jakarta.

“Besok akan dilakukan pemeriksaan terakhir sesuai standar internasional,” kata Alessandro Di Cato yang merupakan event officer IFSC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya