SOLOPOS.COM - Olivier Giroud mencetak brace membawa Prancis mengawali Piala Dunia 2022 dengan kemenangan telak 4-1 atas Australia dalam pertandingan Grup D di Al Janoub Stadium, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTABerikut daftar tim lolos ke babak 16 besar dan tersingkir dari Piala Dunia 2022 yang sudah mengakhiri matchday kedua.

Tim yang lolos duluan ke babak 16 besar adalah juara bertahan Prancis, Brasil dan Portugal. Sementara dua tim yang dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022 karena gagal ke 16 besar adalah tuan rumah Qatar dan Kanada. Baik Qatar dan Kanada harus angkat koper lebih awal karena sudah menelan dua kekalahan dalam penyisihan grup.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Menyisakan satu pertandingan penyisihan grup, Prancis, Brasil dan Portugal masing-masing memuncaki Grup D, Grup G dan Grup H setelah mengumpulkan poin sempurna, 6. Mereka hanya perlu memastikan tetap menjadi juara grup pada matchday ketiga yang dimulai Selasa (29/11/2022).

 Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Laga Penentuan Grup A-B, Ada Wales vs Inggris

Matchday ketiga penyisihan grup Piala Dunia 2022 mulai dihelat malam dan dini hari nanti dengan memainkan empat pertandingan penentuan dari Grup A dan B. Karena ini merupakan laga ketiga atau penentuan, dua pertandingan di satu grup dimainkan dalam waktu bersamaan, yaitu pukul 22.00 WIB (Grup A) dan pukul 02.00 WIB (Grup B).

Dari Grup A, Belanda akan menghadapi tuan rumah Qatar di Al Bayt Stadium Al Khor sedangkan Ekuador melawan Senegal di Khalifa International Stadium Ar-Rayyan, Selasa (29/11/2022) pukul 22.00 WIB.

Partai kedua digelar pada Rabu (30/11) pukul 02.00 WIB, mempertandingkan laga pamungkas Grup B. Iran akan melawan Amerika Serikat (AS) di Al Thumama Stadium Doha dan Wales menghadapi tim tetangga Inggris di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Portugal Mantap di Puncak Grup H

Di Grup A, Belanda, Ekuador dan Senegal ketat bersaing menjadi dua tim yang mewakili grup ini ke babak 16 besar. Belanda dan Ekuador cukup mendapatkan hasil seri agar bisa lolos ke babak knockout, sedangkan Senegal mutlak memenangkan pertandingan terakhirnya.

Skenario relatif sama terjadi di Grup B di mana Inggris sedikit lebih baik ketimbang Iran, Amerika Serikat dan apalagi Wales. Inggris cukup mendapatkan seri dari pertandingan terakhir melawan Wales. Sebaliknya tiga tim lainnya wajib menang agar bisa lolos ke babak 16 besar.

Situasi paling pelik dihadapi Wales yang diwajibkan menang empat gol sambil berharap pertandingan Iran melawan Amerika Serikat berakhir seri.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Puncaki Grup G, Brasil Lolos ke 16 Besar

 

Berikut tim lolos 16 besar dan tersingkir dari Piala Dunia 2022:

Lolos: Prancis, Brasil, Portugal

Tersingkir: Qatar, Kanada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya