SOLOPOS.COM - Jepang vs Kroasia

Solopos.com, SOLO—Berikut data dan fakta Jepang vs Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah, Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Jepang lolos ke babak 16 besar secara sensasional dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman dan juara dunia Spanyol dengan skor 2-1 dan menjadi juara Grup E. Sedangkan Kroasia yang merupakan runner-up Piala Dunia 2018, lolos ke 16 besar dengan menempati posisi kedua Grup F di belakang Maroko.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Jepang memiliki rekor pertemuan yang berimbang dengan Kroasia. Menurut catatan Transfermarkt, Samurai Biru bermain tiga kali melawan Kroasia dengan hasil sekali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Baca Juga: Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022 Hari ini: Jepang vs Kroasia, Brasil vs Korsel

Kemenangan Jepang terjadi pada laga persahabatan 1997 dengan skor 4-3, sedangkan Kroasia mengalahkan Jepang pada penyisihan grup Piala Dunia 1998. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada penyisihan grup Piala Dunia 2006 yang berakhir 0-0

Sementara itu Kroasia optimistis bisa melewati Jepang dari babak 16 besar. Ini karena Kroasia tidak pernah kalah di babak 16 besar.

Kroasia juga tidak terkalahkan dalam sembilan dari 10 pertandingan Piala Dunia terakhir. Satu-satunya kekalahan mereka terjadi dalam final Piala Dunia 2018 melawan Prancis ketika mereka kalah 2-4.

Baca Juga: Rumah Dirampok, Raheem Sterling Tinggalkan Timnas Inggris di Qatar

 

Berikut data dan fakta Jepang vs Kroasia:

1-Sejak 1977 Jepang sudah tiga berhadapan dengan Kroasia termasuk dua pertemuan putaran final Piala Dunia. Jepang menang 4-3 dalam pertemuan pertama pada laga persahabatan. Kroasia membalas dengan menang 1-0 pada fase grup Piala Dunia 1998. Kemudian pada fase grup Piala Dunia 2006 kedua tim seri 0-0.

2-Kroasia tidak terkalahkan dalam sembilan dari 10 pertandingan Piala Dunia terakhirnya. Satu-satunya kekalahan mereka terjadi dalam final Piala Dunia 2018 melawan Prancis ketika mereka kalah 2-4.

3-Kroasia finis sebagai runner-up Grup F setelah mengumpulkan lima poin dari tiga pertandingan.

Baca Juga: Prancis Kian Dekat ke Final, Piala Dunia Impian Mbappe

4-Jepang adalah juara Grup E dengan enam poin setelah mengalahkan Spanyol dan Jerman tetapi secara mengejutkan menyerah kepada Kosta Rika.

5-Jepang belum pernah melewati babak 16 besar Piala Dunia setelah tumbang pada 16 besar Piala Dunia 2002, 2010, dan 2018.

6-Kroasia tidak pernah kalah di babak 16 besar. Mereka mengalahkan Rumania 1-0 pada Piala Dunia 1998 dan menang adu penalti melawan Denmark empat tahun lalu.

Baca Juga: Harry Kane Ungkap Kesiapan Inggris Hadapi Prancis di 8 Besar Piala Dunia 2022

7-Jepang tidak akan diperkuat bek tengah Kou Itakura yang terkena larangan bermain karena mendapat dua kartu kuning selama fase grup. Dia adalah satu dari tiga pemain yang selalu menjadi starter dalam skuat Jepang, demikian dilansir dari Antara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya