SOLOPOS.COM - Christopher Rungkat (dok)

Christopher Rungkat (dok)

HONG KONG–Christopher Rungkat membawa nama harum Indonesia di jagat tenis dunia setelah menjadi pahlawan penentu kemenangan tim Merah Putih atas China pada putaran pertama Grup II Zona Asia/Oceania Davis Cup 2012 di Hong Kong, Minggu (12/2/2012).

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Tim tenis Indonesia dipastikan lolos ke putaran kedua Zona Asia/Oceania ajang tenis bergengsi antarnegara tersebut setelah mengalahkan China 3-2. Dari tiga partai yang dilakoni Christo, panggilan Christopher Rungkat, semuanya berakhir dengan kemenangan.
Dua kemenangan Christo dicetak di nomor tunggal dan nomor ganda yang digelar Sabtu (11/2). Di nomor ganda itu, Christo dipasangkan dengan David Agung Susanto. Christo lagi-lagi menunjukkan kesaktiannya saat menghadapi petenis China, Hiu-Tung Yu di Victoria Park, Hongkong, Minggu.

Seperti dilansir daviscup.com, petenis nomor 407 dunia meredam perlawanan Yu dalam tiga set yang berkesudahan 6-3, 7-6, 6-2. Di set pertama, Christo terlalu tangguh bagi lawannya. Tapi di set berikutnya, dia dipaksa bekerja keras. Set kedua akhirnya ditentukan lewat tie-break yang dimenangi Christo 7-6.

Di partai terakhir, petenis Indonesia yang diwakili Aditya Hari Sasongko menelan kekalahan saat berhadapan dengan petenis China, Nicholas Sayer. Aditya dibekuk dengan skor cukup telak 6-2, 6-3. Namun, pertandingan itu tidak berpengaruh lagi bagi Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke putaran kedua Grup II Zona Asia/Oceania dengan tiga kemenangan.

Di putaran kedua 6-8 April mendatang, Indonesia dipertemukan dengan tim tenis Thailand. Thailand memastikan diri lolos ke fase tersebut setelah membekuk perlawanan Srilanka 3-2.

Sementara itu di Grup Dunia, tim tenis Spanyol, Amerika Serikat (AS), Republik Ceko, Argentina dan Kroasia telah memastikan diri lolos ke babak perempat final. Kemenangan AS dicetak dalam pertandingan yang cukup dramatis melawan tim tenis Swiss yang dipimpin maestro tenis Roger Federer.

Dalam pertandingan AS melawan Swiss, Federer yang bermain di dua nomor sekaligus tidak menunjukkan kedigdayaannya seperti ketika dia beradu di ajang <I>grand slam<I>. Federer dikalahkan John Isner di nomor tunggal. Sedangkan di nomor ganda, petenis nomor tiga dunia yang dipasangkan dengan Stanislas Wawarinka juga digempur pasangan petenis AS, Mike Bryan/Mardy Fish.

“Ini adalah langkah besar bagi kami untuk datang ke sini dan bermain melawan tim kaliber seperti ini,” papar Kapten Tim Tenis AS, Jim Courier seperti dilansir Yahoosports.

(JIBI/SOLOPOS/Hanifah Kusumastuti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya