SOLOPOS.COM - Marselino Ferdinan (kanan) dan Saddil Ramdani melakukan selebrasi gol kedua Indonesia saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2022) malam WIB. (Twitter @PSSI)

Solopos.com, SOLOIndonesia  memimpin 2-0 atas Filipina pada babak pertama laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2022) malam WIB.

Gol Indonesia diciptakan oleh striker Dendy Sulistyawan pada menit ke-21. Dendy menyundul bola memaksimalkan umpan lambung Pratama Arhan.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Satu gol lainnya dipersembahkan oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-43 dari tengah kotak penalti.

Tampil di lapangan rumput sintetis, tuan rumah banyak menekan Indonesia meskipun mereka sudah tidak punya kesempatan lolos ke babak semifinal.  Ancaman pertama lahir setelah kick-off melalui Hikaru Minegishi. Namun tendangan kaki kirinya dari sisi kotak penalti masih melebar dari gawang Indonesia.

Namun upaya itu langsung dibalas oleh Indonesia melalui Saddil Ramdani. Namun saat menusuk di sisi kiri gawang, dia langsung menembakkan bola tanpa mengoper ke temannya. Alhasil bola masih bisa diselamatkan oleh Filipina.

Ancaman Indonesia kemudian lahir melalui Rizky Ridho dan Fachrudin Aryanto pada menit ke-18. Namun sundulannya memanfaatkan sepak pojok Marc Klok masih belum menemui sasaran.

Gol yang ditunggu Indonesia akhirnya tercipta di menit ke-21 ketika sundulan striker Dendy Sulistyawan memaksimalkan umpan lambung Pratama Arhan tidak bisa diantisipasi kiper tuan rumah, Anthony Pinthus.

Pada menit 24, Indonesia terpaksa mengganti kiper Nadeo Argawinata dengan Syahrul Fadil karena cedera.

Indonesia menggandakan keunggulan dua menit sebelum waktu normal babak pertama usai. Menyambut umpan Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti yang mengarah ke sudut bawah gawang Filipina.

Jelang laga berakhir, Saddil Ramdani membuat percobaan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang masih bisa diselamatkan oleh penjaga gawang Filipina. Babak pertama berakhir, skor 2-0 untuk Indonesia.

 

Susunan pemain Filipina vs Indonesia:

Filipina (4-4-2)

Anthony Pinthus; Lyngbo, Aguinaldo, Tabinas, Menzi; Bias, Rontini, Hartmann, Mineghisi; Schrock, Daniels

Indonesia (4-2-3-1):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya; Dendy Sulistyawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya