SOLOPOS.COM - Ilustrasi Liga 1 Indonesia. (Istimewa/ligaindonesiabaru.com).

Solopos.com, SOLO–Siapa pelatih termahal di Liga Indonesia saat ini? Pertanyaan itu kerap mengemuka di kalangan masyarakat sepak bola Tanah Air.

Namun, membeberkan nilai kontrak atau gaji pelatih dan pemain bukan tradisi tim-tim di Indonesia. Namun, Persib Bandung pernah membocorkan gaji Luis Milla saat awal direkrut dulu pada Agustus 2022.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Gaji yang diterima Luis Milla saat masih menjadi juru taktik Persib dikabarkan nilainya tinggi dan menjadikannya sebagai pelatih termahal di Liga Indonesia saat itu.

Sebagai informasi, pelatih asal Spanyol itu Luis Milla sudah mengundurkan diri sebagai pelatih Persib Bandung pada pertengahan Juli 2023 lalu dengan alasan personal. Posisinya saat ini diisi Bojan Hodak pelatih asal Kroasia.

Dikutip Solopos.com dari paragram.id, Selasa (5/9/2023), Luis Milla yang pernah melatih timnas Indonesia pada 2017-2018 itu pernah disebut sebagai pelatih dengan bayaran termahal di Liga Indonesia.

Saat masih menangani Maung Bandung, dalam sebulan pelatih asal Spanyol tersebut dikabarkan menerima gaji bulanan yang hampir sama dengan gaji yang diterima pelatih Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

Hal itu diungkap oleh salah satu perwakilan manajemen Persib Bandung soal gaji pelatih asing klub di Indonesia.

“Besaran gaji Luis Milla hampir sama dengan Shin Tae-yong, bisa tanya ke Ketua Umum PSSI,” kata Cucu Soemantri dikutip dari paragram.id.

Disebutkan dalam sebulan Luis Milla saat itu menerima gaji lebih kurang Rp 1,198 miliar belum termasuk pajak. Luis Milla juga mendapatkan fasilitas lainnya selama melatih Persib Bandung.

Media Italia Guerin Sportivo pernah memberikan ulasan soal besaran gaji pelatih asing di Indonesia. Dalam laporannya, gaji Mario Gomez saat masih melatih Borneo FC disebut menerima gaji mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan.

Itu membuatnya sebagai salah satu pelatih termahal lainnya di Liga Indonesia saat itu. Selain dapat gaji, Gomez juga mendapatkan tunjangan yang cukup besar, setara dengan gajinya.

Kabar lain menyebut pelatih Bali United saat ini, Stefano Cugurra atau akrab disapa Teco, juga menjadi salah satu pelatih termahal di Liga Indonesia.

“Finansial penting dalam sepak bola. Kita tidak boleh bohong. Ketika ada tawaran yang jauh lebih besar, maka kita harus pikir juga,” ujar Teco dilansir paragram.id.

Dikutip dari data Transfermarkt, selain nama-nama tersebut, ada beberapa pelatih yang mempunyai nama besar di Liga Indonesia.  Thomas Doll misalnya.

Pelatih asal Jerman yang kini mengarsiteki Persija Jakarta ini pernah menukangi tim-tim elite dunia seperti Borussia Dortmund, Hamburg SV, dan Hannover 96.

Saat melatih klub Hamburg SV, Thomas Doll pernah bekerja dengan beberapa pemain top seperti Rafael Van der Vaart, Vincent Kompany, hingga Nigel de Jong.

Terkait bayarannya, hingga saat ini informasi tersebut belum diketahui. Namun, bisa jadi dia menjadi salah satu pelatih termahal di Liga Indonesia lantaran dia memiliki karier kepelatihan yang top.

Pelatih lainnya adalah Bernardo Tavares yang kini menukangi PSM Makassar. Dia sebelumnya pernah menangani tim junior Benfica, Sporting Lisbon, hingga menjadi pencari bakat FC Porto.

Dia bekerja bersama klub-klub elite di Portugal itu dan turut memperkaya kemampuan racik strateginya hingga kini telah mengantongi lisensi UEFA Pro.

Dia sukses membawa PSM Makassar menjadi kampiun Liga 1 2022/2023 lalu. Boleh jadi Tavares juga menjadi salah satu pelatih termahal di Liga Indonesia mengingat memiliki riwayat kepelatihan yang bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya