SOLOPOS.COM - Andik Vermansyah (wowkeren.com)

Solopos.com, SOLO–Pesepakbola dengan titel pemain timnas Indonesia tak menjamin bakal sukses dalam menjalani karier sepak bola di kompetisi resmi Tanah Air, berikut deretan pemain berpredikat timnas yang masih menganggur sampai saat ini.

Menjadi bagian dari timnas Indonesia adalah salah satu impian setiap pesepakbola Tanah Air. Saat menjadi bagian dari skuad Merah Putih rasanya seperti mimpi yang menjadi nyata.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Namun, menjadi pemain timnas tentu tidak gampang. Pemain harus mampu memberikan permainan memukau dari segala sisi, baik fisik, mental, teknik, dan kecerdasan dalam bermain.

Menjadi pemain timnas memang sebuah kebanggaan. Terlebih, sosoknya selalu disorot publik, termasuk dimonitor tim kontestan kompetisi Liga Indonesia maupun luar negeri.

Tak dimungkiri pemain timnas memiliki privilege tersendiri. Jika penampilannya apik, tim-tim dalam dan luar negeri bakal antre untuk mendapatkan jasanya.

Tak jarang pemain timnas Indonesia kerap mendapatkan tempat di tim-tim besar. Sebut saja seperti Rizky Ridho yang kini memperkuat Persija Jakarta, Alfeandra Dewangga direkrut PSIS Semarang, Ramadhan Sananta didatangkan Persis Solo, dan lainnya.

Ada pula pemain dengan titel pemain timnas yang hingga kini masih diberi kepercayaan membela tim Liga 1. Itu seperti Egy Maulana Vikri yang kini memperkuat Dewa United dan Evan Dimas membela Arema FC.

Namun, tak sedikit pula pemain berpredikat timnas yang tak bernasib mujur. Bahkan, mereka hingga kini belum mendapatkan tempat di klub, baik di Liga 1 maupun Liga 2, sehingga masih menganggur.

Berikut adalah daftar pemain bertitel timnas Indonesia yang masih menganggur lantaran tak memiliki klub seperti dikutip dari Transfermarkt, Selasa (23/8/2023):

1. Osvaldo Haay

Pemain yang sering di sebut mirip Neymar ini terakhir membela Persija Jakarta Macan Kemayoran pada Liga 1 musim lalu. Cedera membuat karier Osvaldo Haay terganggu. Ia lebih banyak naik ke meja operasi daripada membela Persija.

Winger  berusia 25 tahun itu meredup total setelah sempat mekar di usia muda. Osvaldo beberapa kali dihantam cedera di Persija yang membuatnya susah kembali ke performa terbaiknya. Akibatnya, caps-nya mentok di angka enam penampilan bersama timnas Indonesia.

2. Ruben Sanadi

Pemain bertitel timnas yang masih menganggur lainnya adalah Ruben Sanadi. Dia masih menjadi pemain utama di pos bek sayap kiri Bhayangkara FC pada musim lalu. Pemain berusia 36 tahun itu bisa tampil dalam 25 pertandingan.

Namun, kontrak Ruben Sanadi tidak diperpanjang oleh Bhayangkara FC. Belum tahu akan ke mana pemegang sebelas caps untuk timnas Indonesia ini bakal berlabuh.

3. Irfan Bachdim

Pemain bertitel timnas yang masih menganggur selainnya adalah Irfan Bachdim. Pemain naturalisasi ikonik asal Belanda ini kini tidak memiliki klub setelah musim lalu membela Persis Solo dan kini Irfan Bachdim tidak memiliki klub.

Pemain timnas Indonesia angkatan 2010 ini sempat memperkuat beberapa klub seperti PSS Sleman, Persis Solo, dan Bali United.

Pemain yang di naturalisasi bersamaan dengan Cristian Gonzales ini sempat menjadi pahlawan bagi Persis Solo ketika menjuarai Liga 2.

Bachdim memperkuat Laskar Sambernyawa sejak 2021. Pada musim lalu, pesepakbola kelahiran Amsterdam, Belanda, ini hanya sebelas kali menjadi starter dan sembilan kali masuk dari bangku cadangan.

Selepas kompetisi Liga 1 musim lalu usai, Persis tidak mengumumkan nasib Bachdim.

4. Zulfiandi

Pemain bertitel timnas yang masih menganggur berikutnya Zulfiandi. Dia hampir menghilang selama setahun karena cedera putus ligamen lutut pada 2022. Setelah sembuh, gelandang berusia 27 tahun itu meninggalkan Madura United.

Zulfiandi tidak tergantikan di lini tengah timnas Indonesia pada 2018-2019 dengan catatan 10 kali tampil. Namun, stastisik itu belum mampu mengundang keseriusan klub di kompetisi resmi PSSI hingga saat ini.

5. Andik Vermansyah

Pemain bertitel timnas yang masih menganggur lainnya adalah Andik Vermansyah. Tiga tahun kebersamaan Andik Vermansah dengan Bhayangkara FC harus berakhir pada akhir musim lalu. Kedua belah pihak sepakat tidak memperpanjang kontrak.

Andik, yang pernah mendapatkan julukan Lionel Messi dari Indonesia itu masih belum memiliki klub.  Padahal, pemain berusia 31 tahun ini mempunyai modal 30 penampilan di timnas Indonesia.

Itulah deretan pemain bertitel timnas yang masih menganggur karena hingga kini belum mendapatkan klub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya