SOLOPOS.COM - Para pemain Satya Wacana Salatiga (SWS) saat team launch di Student Center (SC) Kampus UKSW Salatiga Senin (15/1/2023) siang. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Sebanyak tiga pemain asing atau pemain luar negeri akan memperkuat tim bola basket Satya Wacana Salatiga (SWS) dalam mengarungi ketatnya kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) musim 2024. Ketiga pemain asing itu seluruhnya berasal dari Amerika Serikat, yakni Tyree Jamal Robinson, Isaac Asrat, dan Michel Henn.

Presiden Direktur Satya Wacana Salatiga (SWS), Prof Yafet Yosafet Wilben Rissy, mengatakan timnya merupakan satu-satunya tim yang berasal dari perguruan tinggi yang berkompetisi di IBL. Kendati demikian, ia menaruh harapan besar terhadap SWS untuk bisa bersaing di kompetisi IBL 2024.

“Saya berharap kita berfokus satu game demi satu game demi menuju play off,” ujar Prof Yafet, Senin (15/1/2024).

Sementara itu, pelatih SWS, Jerry Lolowang, mengaku optimistis dengan skuat yang ada sekarang. Ia pun yakin timnya bisa memenuhi target masuk ke babak play off.

Dikatakan, untuk musim ini dengan sistem kandang dan tandang juga menjadi fokus perhatian tim pelatih. Sehingga setiap pertandingan memiliki waktu yang cukup untuk mengembalikan stamina pemain dan memasang strategi.

“Saya yakin dengan anak-anak yang sudah berlatih sekian bulan, memiliki chemistry yang cukup dalam. Mereka memiliki semangat luar biasa dan daya juang,” kata Jerry.

Diakuinya, musim ini pemain dan pelatih akan berjuang mati-matian untuk memenuhi target masuk play off. Dia juga berharap dengan dukungan dari suporter SWS atau Bala Satya Wacana bisa lebih membuat semangat para pemain.

Sementara kapten tim, Henry Cornelis Lakay, bertekad fokus di tiap pertandingan. Modal kekompakan dengan hadirnya tiga pemain asing diharapkan bisa memenuhi target tersebut.

“Kita lebih kompak lagi, Satya Wacana ini sekarang sudah berbeda. Kita akan mainnya lebih dewasa,” terang Henry.

Pada IBL season ini, SWS membawa 15 pemain yang diperkuat mahasiswa dan alumni UKSW, serta pemain asing. Pertandingan perdana SWS akan berlangsung pada Jumat, (19/1/2024) mulai pukul 18.00 WIB di Gor Knight, Semarang. Satya Wacana Salatiga akan mengawali IBL musim 2024 dengan menghadapi tim Rajawali Medan.

Sedangkan di pertandingan kedua, yang digelar Minggu (21/1/2024), tim Satya Wacana Salatiga akan menghadapi Amartha Hangtuah Jakarta di Gor Sahabat, Kota Semarang.

Rekomendasi
Berita Lainnya