SOLOPOS.COM - Pemain depan Persis Solo, Fernando Rodriguez Ortega (ketiga dari kiri), berduel di udara dengan striker Madura United, Alberto Goncalves Da Costa (kanan), pada pertandingan Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (23/8/2022). (Antara/Mohammad Ayudha)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo sukses memberi kekalahan perdana kepada Madura United dengan skor 1-0 dalam laga pekan keenam Liga 1 di Stadion Manahan Solo pada Selasa (23/8/2022) malam. Kemenangan itu juga menjadi kemenangan perdana Persis Solo di Stadion Manahan setelah sekian lama tak pernah menang di kandang.

Kemenangan itu juga jadi bukti awal atas kemampuan coach Rasiman sebagai peracik strategi  setelah menggantikan pelatih kepala Persis Solo sebelumnya Jacksen F. Tiago, beberapa hari yang lalu.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Bersama Rasiman, skuad Laskar  Sambernyawa bermain lebih terarah. Persis Solo cukup tampil menekan dan agresif  sepanjang pertandingan.

Disaksikan oleh 10.233 pasang mata yang hadir di stadion, pertandingan Persis Solo vs Madura United berlangsung dengan tempo tinggi.  Kedua tim sama-sama menurunkan pemain terbaiknya dan jual beli serangan pun terjadi sejak wasit Dwi Susilo meniup peluit dimulainya laga.

Memasuki menit ke-15, Madura United mendapat kerugian dengan cederanya Lulinha. Pemain yang sudah mencetak 6 gol itu harus ditarik keluar dan digantikan oleh Slamet Nurcahyo. Momentum itu dimanfaatkan baik okeh skuad Sambernyawa. Tendangan keras Lee Yujun dari luar kotak penalti pada menit ke-21 melesat kencang ke sisi kanan gawang Persis Solo, M. Riyandi yang pekan lalu menjadi pemain terbaik Liga 1 itu berhasil mementahkan sepakan itu.

Mengandalkan serangan balik cepat melalui dua sayap, Persis Solo mendapat peluang beruntun berbahaya pada menit ke-28.  Umpan terukur Zanadin Faris di antara bek Madura gagal dimanfaatkan Ryo Matsumura yang tinggal berhadapan hadapan dengan kiper Madura United, Miswar Saputra. Bola muntah yang langsung disambar Zanadin masih melambung.

Baca Juga: Gol Messidoro Menangkan Persis Solo, Stadion Manahan Bergetar

Persis Solo kembali mendapat peluang menit ke-35, lagi-lagi melalui skema serangan balik.  Lewat sisi kanan, umpan satu-dua yang diperagakan Rodriguez dan Alfath Alrizky berhasil mengecoh 2 pemain bertahan Madura United, namun tendangan Althaf Indie masih melambung. Hingga babak pertama usai, kedudukan masih imbang 0-0.

Memasuki babak kedua Persis Solo mulai menguasai jalannya pertandingan. Mengandalkan sisi sayap Persis Solo berhasil membuka peluang pada menit ke-54.  Bola muntah dari umpan crossing Althaf jatuh di kaki Matsumura. Namun sontekan pemain asal Jepang itu berhasil diblock bek Madura United.

Persis kemudian mendapat beberapa peluang namun masih belum membuahkan hasil. Madura yang terus tertekan langsung mengganti dua pemain pada menit ke-63. Novan Setya Sasongko dan Zulfiandi masuk menggantikan Birrul Walidain dan Lee Yujun.

Baca Juga: Menang Atas Madura United, Ini Posisi Persis Solo di Klasemen Liga 1 Hari Ini

Diikuti Persis Solo yang juga mengganti 2 pemainnya, Ryo Matsumura dan Zanadin Fariz keluar digantikan Samsul Arif dan M. Kanu.

Setelah itu  permainan mulai berjalan seimbang. Madura United kemudian kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-73.

Slamet Nurcahyo yang baru masuk dan Hugo Gomes keluar digantikan Pedro Henrique dan Ricki Ariansyah. Memasuki menit ke-76, Althaf dari sisi kanan melepaskan tendangan keras yang menghasilkan tendangan sudut untuk Persis Solo.

Baca Juga: Dua Pemainnya Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Tanggapan Manajemen Persis Solo

Persis akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-80 setelah sontekan Messidorro gagal dibendung Miswar Saputra. Gol itu memanfaatkan kesalahan bek Madura United, Fachruddin.

Memasuki menit ke-82, gelandang Persis Solo Taufiq keluar digantikan oleh Sutanto Tan. Unggul 1 gol, Persis Solo terus menyerang pertahanan Madura, tercatat sedikitnya ada 3 peluang berbahaya yang diciptakan anak-anak Laskar Sambernyawa setelah menit ke-85.

Persis Solo kembali melakukan pergantian pemain menit ke-90, Althaf dan  Fernando Rodriguez keluar masuk Alfath Faathier dan Arapenta Lingka. Hingga peluit akhir, Persis Solo mampu mempertahankan keunggulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya