SOLOPOS.COM - (Getty Images)

(Getty Images)

Nurburg (Solopos.com)--Sudah 11 balapan beruntun Sebastian Vettel menjejak podium. Kini si pembalap Jerman akan berusaha memelihara catatan itu di balapan kandangnya.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Akhir pekan ini balapan F1 musim 2011 akan memasuki seri nomor 10, yakni GP Jerman. Sirkuit Nurburgring akan menjadi tempat para pembalap ‘Jet Darat’ beradu cepat.

Dari total sembilan balapan sejauh ini, Vettel sangat mendominasi dengan memenangi enam di antaranya dan menjadi runner-up di dua sisa balapan.

Walhasil, jika ditambah dengan catatan musim lalu, driver Red Bull itu pun sudah 11 balapan beruntun selalu naik podium. Berikut data dan fakta lainnya terkait balapan pada akhir pekan, seperti diwartakan Reuters dan diberitakan detikSport, Kamis (21/7/2011).

– Musim ini Vettel sudah memenangi enam dari sembilan balapan–dan sembilan dari 13 balapan terakhir. Michael Schumacher memegang rekor untuk kemenangan terbanyak dalam semusim, 13 kali, yang ditorehkan bersama Ferrari tahun 2004.

– Hanya ada tiga pembalap yang memenangi tujuh balapan dalam semusim dan kemudian tidak menjadi juara: Schumacher (2006), Kimi Raikkonen (2005) and Alain Prost (1988 and 1984)

– Start Vettel musim ini adalah yang terbaik dalam sejarah. Ia hanya kehilangan 21 poin dari maksimal 225 poin sejauh ini.

– Vettel sudah menginjak podium selama 11 balapan beruntun. Untuk urusan itu, Schumacher masih memegang rekor dengan 19 balapan beruntun (musim 2001 dan 2002).

– Vettel meraih tujuh pole dari sembilan balapan musim ini. Red Bull selalu menempatkan pembalapnya di seluruh balapan, dengan Mark Webber meraih dua pole di Spanyol dan Inggris Raya.

– Rekor untuk jumlah posisi pole dalam satu musim oleh seorang pembalap adalah 14, yang dicatatkan pada tahun 1992 oleh Nigel Mansell. Tapi dalam hal jumlah keseluruhan pole, Schumacher masih jadi rajanya dengan 68 pole. Vettel sendiri baru meraih 22 pole dalam karirnya.

– Rekor untuk pole beruntun oleh sebuah konstruktor masih dipegang Williams yang membuat 24 pole pada 1992 dan 1993. Red Bull sementara itu “baru” membuat 10 pole beruntun.

– Vettel sudah lolos kualifikasi di baris terdepan dalam 14 balapan terakhir. Sedangkan rekor start di baris terdepan paling banyak masih dikuasai mendiang Ayrton Senna dengan jumlah 24 kali (1988 dan 1989).

– Sejak 1995, di Nurburgring hanya ada tiga pembalap yang menduduki posisi pole dan sekaligus menjadi juara. Itu terjadi pada tahun 2001, 2004 dan 2009.

– Pembalap terakhir yang menang di Jerman adalah Michael Schumacher di Hockhenheim pada tahun 2006. Schumacher juga menang di Nurburgring pada tahun yang sama.

– Jerman punya enam pembalap di lintasan F1 musim ini (Vettel, Nico Rosberg, Schumacher, Nick Heidfeld, Adrian Sutil dan Timo Glock) di mana jumlah itu lebih banyak dari negara lain.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya