SOLOPOS.COM - Pembalap WSSP Ten Kate Racing Dominique Aegerter berselebrasi saat berhasil menjadi juara di area podium Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Dominique Aegerter berhasil mengunci gelar juara World Supersport (WSSP) dalam balapan pertama (Race 1) meski finish P4 di Sirkuit Mandalika. (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, LOMBOK – Pembalap Ten Kate Racing, Dominique Aegerter, berhasil mengunci gelar juara dunia World Supersport (WSSP) dalam balapan pertama (Race 1), meski dia finis P4 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, Sabtu (12/11/2022) siang.

Sementara itu, finis di posisi pertama adalah pembalap MV Agusta Reparto Corse, Niki Tuuli, dan diikuti pembalap Althea Racing, Federico Caricasulo di tempat kedua dan Can Oncu dari Puccetti Kawasaki yang finis P3.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Peringkat keempat ditempati juara dunia Dominique Aegerter dari Ten Kate Racing dengan pebalap Puccetti Kawasaki lainnya Yari Montella berhasil finis P5.

Aegerter berhasil mengunci gelar dunia World SSP 2022 dengan keunggulan 83 poin dari saingan terdekatnya Lorenzo Baldassari yang justru tersingkir dari balapan di lap 3 setelah tikungan 1.

Gelar juara ini juga membuat Aegerter menjadi pembalap ketiga yang berhasil menjuarai WSSP dua kali berturut-turut, dengan dua pebalap lainnya adalah Sebastian Charpentier (2005 dan 2006) dan Kenan Sofuoglo (2015 serta 2016).

Baca Juga: Cuaca Panas di Mandalika, Pembalap WSBK Toprak Razgatlioglu Berendam Air Es

Gelar ini juga menambah deretan kesuksesan Aegerter tahun ini, mengingat rider asal Swiss ini juga berhasil menjuarai MotoE 2022.

Sedangkan Tuuli berhasil memenangi Race 1 setelah melakukan pertarungan sengit dengan Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing) sepanjang balapan. Keduanya memulai start bagus meski tertinggal dari Federico Caricasulo (Althea Racing) yang juga memulai balapan dari posisi ke-5.

Tuuli dan Can Oncu kemudian mampu melewati Caricasulo di tahap awal sebelum menjauh dari pebalap Italia itu. Tuuli sedikit melebar di tikungan 3 pada lap 12 yang memungkinkan Oncu menyalip.

Baca Juga: H-1 WorldSBK di Sirkuit Mandalika, 30.510 Lembar Tiket Terjual

Namun, Oncu kehilangan waktu ketika dia melakukan kesalahan pada Lap 14 saat dia melebar di tikungan 7 dan membuatnya tertinggal lebih dari satu detik di belakang Tuuli.

Oncu membuat kesalahan lagi di beberapa lap kemudian yang membuatnya kehilangan P2 oleh Caricasulo. Keduanya bertarung habis-habisan di sisa lap, tetapi gagal mendekati Tuuli hingga melewati garis finis.

Kemenangan ini adalah yang kedua bagi Tuuli dan podium kesembilannya di WSSP.

Berikut ini 6 pembalap teratas di WSSP Race 1 di Mandalika:
1. Niki Tuuli (MV Agusta Reparto Corse)
2. Federico Caricasulo (Althea Racing)
3. Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing)
4. Dominique Aegerter (Ten Kate Racing Yamaha)
5. Yari Montella (Kawasaki Puccetti Racing)
6. Nicolo Bulega (Aruba.it Racing – Ducati)

Klasemen pembalap WSSP:
1. Dominique Aegerter (Ten Kate Racing Yamaha) 437 poin
2. Lorenzo Baldassarri (Evan Bros. WorldSSP Yamaha) 352
3. Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing) 232
4. Nicolo Bulega (Aruba.it. Racing WorldSSP Team) 200
5. Stefano Manzi (Dynavolt Triumph) 187
6. Federico Caricasulo (Althea Racing) 152

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya