SOLOPOS.COM - Argentina akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan juara bertahan Prancis 7-5 (3-3) melalui drama adu penalti di Lusail Stadium Al Daayen, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Dramatis. Argentina akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan juara bertahan Prancis 7-5 (3-3) melalui drama adu penalti di Lusail Stadium Al Daayen, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Adu penalti harus dilakukan karena pertandingan sama kuat 3-3 hingga babak tambahan waktu atau extra time. Sebelumnya laga yang menjadi ajang unjuk gigi Lionel Messi dan Kylian Mbappe ini berakhir 2-2 di waktu normal.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Mbappe membuat kedudukan sama kuat 2-2 dengan mencetak gol pada menit ke-80 melalui tendangan penalti dan pada menit ke-81. Dua gol Mbappe itu membuat pertandingan final semakin seru setelah sebelumnya Argentina unggul melalui penalti Lionel Messi pada menit ke-23 dan Angel Di Maria pada menit ke-36.

Baca Juga: Babak Extra Time, Messi dan Mbappe Cetak Gol Bawa Argentina 3-3 Prancis

Di babak extra time, Messi lagi-lagi membukukan gol pada menit ke-108. Mbappe membalasnya pada menit ke-116 melalui tendangan penalti setelah Gonzalo Montiel handball di kotak terlarang.

Pada duel adu penalti, Prancis yang mendapatkan kesempatan pertama sukses melalui eksekusi yang dilakukan Mbappe. Namun pada kesempatan kedua dan ketiga, algojo Les Bleus Kingsley Coman, Aurélien Tchouaméni gagal melaksanakan tugasnya.

Prancis masih memperpanjang napas setelah Randal Kolo Muani sukses menjadi algojo Prancis.

Baca Juga: Mbappe Cetak Brace, Argentina vs Prancis 2-2 Lanjut ke Extra Time

Namun Argentina yang menyingkirkan Belanda di babak perempat final juga lewat adu penalti, menempatkan pemain yang semuanya sukses menjadi algojo. Mereka adalah Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes dan Gonzalo Montiel.

Argentina pun kini mengoleksi 3 trofi Piala Dunia setelah meraihnya pada 1978 dan 1986.

 

Starting XI Argentina vs Prancis:

Argentina (4-4-2):

Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Angel Di Maria; Lionel Messi, Julian Alvarez. Pelatih: Lionel Scaloni.

 

Prancis (4-3-3):

Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Olivier Giroud (Marcus Thuram, 41′), Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani, 41′). Pelatih: Didier Deschamps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya