SOLOPOS.COM - Atlet blind judo Indonesia berfoto bersama seusai meraih medali di ajang IBSA Judo Asian Championships 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Dua atlet blind judo NPC Indonesia berpeluang lolos ke pesta olahraga disabilitas Paralympic 2024 Paris Perancis. Hal itu setelah atlet Indonesia sukses mengumpulkan poin demi poin sebagai syarat tampil di Asian Para Games Hangzhou 2023 dan Paralympic Paris 2024.

NPC Indonesia baru saja mengirim tiga atlet blind judo di kejuaraan IBSA Judo Asia Championship di Astana, Kazakstan pada 28-30 April 2023. Hasilnya, dua atlet Indonesia berhasil meraih dua medali perunggu.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Indonesia mengirimkan tiga atlet yakni Tony Ricardo Mantolas di nomor J2+90 kg lalu Fajar Pambudi J1-90 kg dan Junaedi J1-60 kg.

Dari 3 judoka ini, tim Blind Judo Indonesia berhasil meraih dua medali perunggu melalui Tony Ricardo Mantolas dan Fajar Pambudi. Sedangkan Junaedi berhasil meraih peringkat ke-8.

Pelatih Blind Judo NPC Indonesia Dimas Aribowo saat dijumpai wartawan, Kamis (4/5/2023) mengatakan dalam kejuaraan itu diikuti 11 negara dengan total 86 judoka.

NPC Indonesia untuk blind judo optimistis, dua atlet yang meraih medali perunggu dari kejuaraan tersebut bisa lolos ke Paralympic Paris 2024.

Dimas mengatakan negara yang menjadi pesaing berat di kejuaraan internasional itu adalah tuan rumah Kazakhstan dan India. Sedangkan Indonesia yang tergolong baru dalam cabor ini, telah berusaha bersaing dari wakil-wakil Thailand, Tajikistan, Jepang, Korea, Iran, dan Uzbekistan.

Event itu juga sebagai tolak ukur para atlet sebelum berangkat ke ASEAN Para Games, Kamboja pada Juni mendatang.

Sementara itu, Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan NPC Indonesia pada tahun ini mempunyai tiga program yakni pelatnas menuju ASEAN Para Games Kamboja, Asian Para Games di Hangzhou, dan pelatnas menuju Paralympic di Paris 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya