SOLOPOS.COM - Duel klasik Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta, Sabtu (9/12/2023), berakhir imbang. (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA — Persebaya Surabaya gagal memanfaatkan peluang meraih poin penuh saat menjamu Persija Jakarta dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT), Sabtu (9/12/2023) sore.

Didukung belasan ribu pendukung, Persebaya harus puas berbagi poin 1-1. Tambahan satu poin membuat Persebaya masih bertahan di peringkat 13 klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 14 sedangkan Persija di peringkat 9 dengan nilai 29.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Hasil imbang juga tak menggembirakan pelatih Macan Kemayoran, julukan Persija, Thomas Doll. Pasalnya sejak awal pelatih asal Jerman itu membawa misi poin penuh di kandang Persebaya.

Keyakinan itu didasarkan pada tren Persebaya dalam lima pertandingan terakhir yang belum pernah menang.

“Kami ingin menang,” tandas Thomas Doll dalam jumpa pers sebelum laga.

Sebelum laga ini, Persija hanya mendapatkan dua poin hasil dari dua kali bermain imbang melawan Bhayangkara Presisi Indonesia (2-2) dan Persita Tangerang (1-1).

Thomas Doll berharap lawatan ke Surabaya mengembalikan timnya ke jalur kemenangan.

“”Seluruh pemain tak mau laga besok (hari Sabtu ini) berakhir imbang. Tapi kami tahu melawan Persebaya tidak akan mudah,” ujar Thomas Doll.

Persija musim ini memang bermain tidak stabil. Mengemban misi juara karena musim lalu merupakan runner-up Liga 1, hingga saat ini Persija malah selalu berkutat di papan tengah.

Kondisi Persebaya malah lebih buruk lagi. Tim berjuluk Bajol Ijo itu terjerembab di peringkat ke-14 dan baru mengumpulkan 24 angka.

Dikutip Solopos.com dari tayangan langsung Indosiar, Persija yang berambisi menang langsung mengambil inisiatif untuk bermain menyerang. Persebaya mengimbangi dengan bermain pendek dari kaki ke kaki.

Tekanan Persija yang terus menerus akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-7 pemain asing Macan Kemayoran, Maciej Gajos berhasil membuat gol cantik umpan dari Hanif Sjahbandi.

Mantan pemain Arema FC itu memberikan sodoran kepada Maciej Gajos di luar kotak penalti yang langsung melepaskan tembakan keras yang tak dapat dijangkau kiper Persebaya, Ernando Ari.

Tiga menit berselang Persebaya nyaris menyamakan melalui tendangan voli Robson Duerte.

Sayangnya, tendangan mantan rekan Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners itu melenceng tipis di sisi kiri gawang Persija.

Di menit ke-23 kiper Persija Andritany Ardhiyasa nyaris membuat blunder konyol. Ia terlalu lama menguasai bola di area pertahanan sehingga bolanya nyaris direbut penyerang Persebaya Paulo Henrique.

Beruntung wasit meniup peluit karena menganggap ada pelanggaran terhadap Andritany oleh Henrique.

Di menit ke-25 Persebaya akhirnya berhasil menyamakan skor lewat gol indah melalui Bruno Moreira seusai meneruskan uman Robson.

Tendangan melengkung Bruno dari dalam kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Persija Andritany. Skor 1-1 berlangsung hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, dua tim yang berburu kemenangan itu jual beli serangan namun hingga akhir pertandingan skor bertahan 1-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya