SOLOPOS.COM - Nusantara United FC resmi mengumumkan penunjukan Ahmad Jalaluddin Rumi atau yang lebih dikenal dengan sapaan El Rumi sebagai Presiden Klub per Selasa (15/8/2023). (Istimewa/Nusantara United)

Solopos.com, BOYOLALI — Klub yang akan bermarkas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Nusantara United FC ingin menyatu dengan masyarakat Boyolali.

Nusantara United FC bakal membuat akademi sepak bola di Kabupaten Boyolali.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Musim depan, Nusantara tetap bermarkas di Kabupaten Susu karena IKN Nusantara belum jadi.

Berikut profil Nusantara United FC, seperti diolah Solopos.com, Senin (8/1/2024).

Nusantara United FC sebelumnya bernama Mataram Utama FC.

Mataram Utama FC dibentuk oleh PT Mataram Utama Perkasa pada 27 Juni 2021.

Setelah dibentuk mereka bergabung dengan Asosiasi Provinsi PSSI Yogyakarta.

Mataram Utama tampil di Liga 3 di musim pertamanya. Klub ini dibentuk untuk menyediakan pelatihan kepada pemain muda melalui Akademi Sepak Bola Mataram Utama.

Pada 15 November 2021, pertandingan pertama Mataram Utama digelar melawan Persig Gunungkidul di Stadion Dwi Windu dengan hasil akhir 3–2 untuk Mataram Utama.

Pertandingan kedua, Mataram Utama berhadapan dengan Persiba Bantul dengan hasil imbang 0–0 di Stadion Tridadi.

Pada 22 Desember 2021, Mataram Utama dinobatkan sebagai juara Liga 3 2021 D.I. Yogyakarta setelah mengalahkan Sleman United dengan hasil akhir 3–1 di Stadion Tridadi dan mewakili Yogyakrata di Liga 3 putaran nasional.

Pada 13 Maret 2022, Mataram Utama secara resmi mendapatkan promosi ke Liga 2 di musim selanjutnya.

Capaian ini merupakan rekor pertama kalinya. Mereka mencapai babak semifinal Liga 3 2021–2022 setelah mengalahkan Persidago Gorontalo 4–1 di grup D.

Di semifinal, mereka kalah atas Putra Delta Sidoarjo dan gagal mencapai babak final.

Meskipun demikian, Mataram Utama tetap lolos untuk promosi ke Liga 2.

Pada Kongres PSSI tanggal 30 Mei 2022, Mataram Utama FC yang berkompetisi di Liga 2 berganti nama menjadi Nusantara United FC setelah diserahkan kepada kelompok investor.

Musim pertama Nusantara United FC dilakukan pada Liga 2 2022/23.

Nusantara United akan berstatus sebagai klub dari IKN Nusantara pertama di kancah kompetisi profesional sepak bola nasional setelah resmi mengakuisisi Mataram Utama dalam Kongres PSSI di Bandung pada Mei 2022.

Kehadiran NUFC diharapkan menjadi momentum penting guna menambah geliat olahraga khususnya sepak bola di IKN dan umumnya di Indonesia.

Sebelum pindah ke IKN, Nusantara United menetapkan Salatiga sebagai home base dan kamp latihan tim untuk persiapan tim jelang Liga 2 musim 2022–2023.

Keberadaan NUFC di Salatiga diharapkan tidak hanya menginspirasi, tapi juga menstimulasi kebangkitan talenta-talenta muda sepak bola Tanah Air.

Namun Stadion Kriddango di Salatiga tidak memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menggelar pertandingan Liga 2.

Nusantara United lantas bermarkas di Stadion Moch. Soebroto Magelang untuk musim 2022–2023 dan di Stadion Kebo Giro di Boyolali untuk musim 2023–2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya