SOLOPOS.COM - Pesepak bola Persis Solo Fernando Rodriguez (kanan kedua) melakukan selebrasi seusai membobol gawang Borneo FC Samarinda saat pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (15/7/2023) malam. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO – Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez masuk dalam deretan top skor atau pencetak gol terbanyak Liga 1 2023 hingga pekan keempat. Fernando yang telah mencatatatkan empat gol kini sering mendapat julukan Fernando Rodrigoat.

Dalam dunia sepak bola goat merupakan singkatan dari greatest of all time atau terhebat sepanjang masa. Istilah ini untuk menggambarkan sesorang yang dianggap terbaik di bidangnya termasuk sepak bola.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Fernando berada di urutan ketiga pencetak gol terbanyak di bawah Gustavo Almeida dengan 6 gol dan Martins dengan 5 gol.

Pekan lalu, Persis Solo bermain di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (23/7/2023), dan kalah 3-4 dalam lanjutan pekan keempat Liga 1 2023/2024.

Laga itu berlangsung menarik terutama menjelang laga bubar. Sempat tertinggal empat gol, Persis Solo mampu menjaringkan tiga gol di waktu tambahan menjelang akhir pertandingan.

Tiga gol skuad asuhan Leonardo Medina diciptakan David Gonzalez alias Roni serta brace Fernando Rodriguez. Bagi Fernando, itu gol keempatnya bersama Persis Solo dalam empat laga awal musim ini.

Empat gol bomber asal Spanyol itu seperti menjadi jawaban atas kritikan dan bahkan cacian yang dia terima dari sebagian suporter semenjak musim lalu.

“Sementara nomor 9 minggir sek (menepi dulu). Nomor 9 kok ya masih diperpanjang. Nomor 9 sebenarnya kenapa to dipasang terus, titipan tho?.” Demikian salah satu komentar warganet di akun Instagram Persis Solo seusai melihat performa Fernando Rodriguez dkk. saat kalah dari Persebaya Surabaya di pekan pertama Liiga 1 2023.

Dikritik habis-habisan seusai melawan tim Bajul Ijo, striker yang sempat membela Sevilla FC dan Hercules CF justru menunjukkan penampilan terbaik dan selalu mencetak gol dalam tiga laga beruntun.

Dimulai gol penyama kedudukan saat dijamu PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, 7 Juli 2023. Fernando kemudian mencetak satu gol saat membawa Persis Solo menang 2-1 atas Borneo FC di Stadion Manahan, 15 Juli.

Terbaru, pemain kelahiran Pilas, Sevilla, 36 tahun silam itu mencetak dua gol ke gawang Madura United sekaligus ‘menyelamatkan’ Persis Solo dari ajang ‘pembantaian’.

Dikutip dari laman Liga Indonesia Baru, selain mencetak empat gol, Fernando mencatatkan enam shots dengan lima di antaranya on target dan 36 umpan sukses. Kemudian dari sisi bertahan, eks pemain Mitra Kukar itu mencatatkan satu tekel, tiga interceptions dan sekali sapuan. 

Sejak awal, pelatih Persis Solo, Leonardo Medina tak henti-hentinya memberikan dukungan kepada Fernando Rodriguez atas kritik yang didapatkan.

“Saya selalu ada di depan untuk menghadapi kritik bagi Fernando,” lanjutnya.

Menurut juru taktik asal, Meksiko tersebut, bomber bernama lengkap Fernando Rodriguez Ortega tersebut selalu bertarung di setiap momen pertandingan Persis Solo.

“Saya tahu Fernando selalu fight setiap saat, ketika bertahan maupun saat menyerang, baik dengan bola maupun tanpa bola. Dia selalu mencoba untuk mencetak gol dan fight untuk klub,” katandia.

Kembalinya insting mencetak gol sang predator jadi angin segar bagi Persis Solo menghadapi ketatnya  kompetisi Liga 1 2023.

Perjalanan Liga 1 2023/2024 yang masih panjang, tak salah apabila suporter Persis Solo berharap Fernando Rodriguez terus unjuk gigi dan semakin bertaji seusai panen kritikan yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya