SOLOPOS.COM - Pelatih Persis Solo Eko Purdjianto memimpin anak asuhnya berlatih di Lapangan Pajajaran, Bogor, Rabu (29/12/2021) jelang laga final Liga 2. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO — Persis Solo sukses merengkuh gelar juara Liga 2 musim 2021. Pelatih Eko Purdjianto menyebut kesuksesan itu didapat berkat kerja keras para pemain.

Persis menjadi juara usai menaklukkan RANS Cilegon FC pada partai final di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (30/12/2021). Laskar Sambernyawa menang dengan skor 2-1. Dua gol Persis diborong Irfan Bachdim, sementara satu gol balasan RANS dilesakkan oleh Alfin Tuasalamony.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Baca Juga: Pernah Jadi Tim Tersukses ke-2, Ini 5 Fakta Menarik Persis Solo

“Kunci kemenangan pemain kerja keras. Diasah di babak penyisihan, diasah di babak delapan besar, diasah beberapa kali kritikan dari suporter dan sebagainya, sehingga mereka bisa kian kuat dan seperti sekarang,” kata Eko.

Sempat mendapat kritikan tajam dari suporter setelah kalah dari rival PSIM Jogja, menurut Eko timnya tetap menjaga asa dan kepercayaan diri. Dalam setiap momentum dia selalu menekankan semangat optimisme kepada para pemain. Setiap kritikan membangun dari para suporter harus dijadikan cambuk pemain.

“Sedari awal saya optimistis. Makanya saya selalu bilang optimis ke tim, bahwa kita bisa kalau kita satu, kuat terhadap kritikan membangun. Ya tahu sendiri lah dukanya seperti apa kan. Saya tidak bisa bilang, saya tidak mau bilang, ya itu kritik membangun buat tim ini. Kami jadikan motivasi untuk membuktikan,” papar dia.

Dia mengakui jalan yang telah dilalui para pemain Persis Solo dan manajemen tidak mudah. Banyak rintangan yang telah dilalui dan dirasakan menjadi pengasah mental tim.

Baca Juga: Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Liga 2: Beto Top Scorer!

“Jalan kami tidak mulus, banyak rintangan. Tapi itu menjadikan mental kami diasah di situ. Alhamdulillah kami bisa menjuarai kompetisi Liga 2 ini dengan hasil yang bagus. Tidak lupa doa dan support para suporter, kritik-kritik yang membangun buat saya pribadi dan tim, sehingga kami bisa sampai seperti ini,” terang dia.

Menurut Eko saat ini jajaran pelatih dan manajemen Persis Solo belum membahas persiapan menuju Liga 1. Tapi dia mencatat adanya beberapa pemain yang kontraknya habis dalam waktu dekat ini. “Yang pasti kita syukuri dulu, kita euforia untuk hasil kompetisi ini. Next kompetisi kita lihat,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya