SOLOPOS.COM - Jakarta International Stadium (JIS). (Instagram/@jakintstadium).

Solopos.com, JAKARTA–Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyebut Federasi Sepek Bola Dunia (FIFA) melalui surat resmi merekomendasikan Jakarta International Stadium (JIS) dibenahi, termasuk berkaitan dengan rumput, agar dapat digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (25/7/2023). Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut melalui surat itu utusan FIFA akan mengecek stadion yang diusulkan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023 pada 28 Juli- 2 Agustus 2023 mendatang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Alhamdulillah tanggal 20 Juli kita sudah menerima surat dari FIFA. Beberapa catatan yang harus segera kita tindak lanjuti sebelum FIFA mengecek tanggal 28 (Juli) sampai 2 Agustus rencananya. Dan tentu karena surat tersebut saya juga melayangkan surat kepada Bapak Menpora untuk tanggal 24 Juli untuk segera mulai mengirim surat kepada PUPR, untuk renovasi yang diperlukan sesuai dengan catatan FIFA. Memang mereka akan turun ke lapangan mengecek sekali lagi,” kata Erick dikutip dari Antara.

Erick melanjutkan dalam kunjungan tersebut utusan FIFA akan memeriksa berbagai hal seperti kesiapan tempat, kualitas lapangan, kesiapan tim penunjang, dan lain-lain.

Rumput memang menjadi salah satu pokok perhatian terkait Piala Dunia U-17 2023. Erick menyebut dalam surat FIFA disebutkan rumput yang ada harus diperbaiki untuk menghindari risiko yang besar.

Sebelumnya, JIS sempat menjadi polemik setelah stadion yang dibangun di era Gubernur DKI Anies Baswedan itu belum memenuhi standari FIFA, terutama soal rumput.

Penilaian itu diungkapkan setelah tim meninjau JIS sebagai langkah awal persiapan venue Piala Dunia U-17 2023, 10 November-2 Desember.

Polemik mengemuka lantaran ada pihak yang menyeret masalah itu ke ranah politik mengingat JIS dibangun di era Gubernur DKI Anies Baswedan

JIS turut diusulkan sebagai venue lantaran stadion lain di Jakarta, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akan dipakai untuk menggelar konser musik Coldplay pada 15 November.

Selain JIS, PSSI mengusulkan tujuh stadion lainnya sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.

Erick meminta setelah ada rekomendasi FIFA tidak ada lagi polemik tentang JIS karena pihak yang meminta JIS dibenahi adalah FIFA.

“Nah kebetulan ini kan ada kejuaraannya. Dari situ tentu proses dari FIFA mengecek. Mengeceknya bagaimana? Ya mereka ada konsultannya dikirim. Jadi kita gak usah polemik. Konsultan ini kan ada surat penunjukan dari FIFA, bukan kita yang menunjuk. Nah dari pantauan FIFA, catatannya memang ada, satu contoh yang ada di stadion ini harus ada perbaikan ini,” ulas Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya