SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Istimewa/Erick Thohir).

Solopos.com, JAKARTA–Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkomunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator Liga 1 terkait jadwal kompetisi yang bertabrakan dengan jadwal Piala Asia U-23 di Qatar, 15 April-3 Mei 2024 mendatang.

Erick Thohir sedang mendiskusikan opsi untuk memberhentikan liga sejenak ketika Piala Asia U-23 berlangsung. Namun, opsi tersebut masih dalam tahap diskusi karena Piala Asia U-23 bukan merupakan turnamen yang masuk kalender resmi FIFA.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sebagai informasi, Ketika Piala Asia U-23 digelar nanti pada periode yang sama Liga 1 2023/2024 memasuki pekan-pekan terakhir babak reguler series dan menjelang dimulainya babak championship series. Sementara, para pemain timnas mayoritas memperkuat klub Liga 1.

“Kami [PSSI dan PT LIB] cari solusi sama-sama, tapi saya meminta kepada liga [LIB], khususnya buat Piala AFC U-23 bulan April mendatang, saya memohon kepada liga berhenti sebentar. Liga sudah menyanggupi, klub-klub juga sudah menyanggupi sehingga ketika Piala U-23 di Qatar, para pemain terbaik bisa dipanggil. Tapi masih pusing [terkait opsi tersebut] karena memang turnamen tersebut tidak masuk ke dalam kalender FIFA,” kata Erick Thohir seusai konferensi pers di Jakarta dikutip Solopos.com dari Antara, Rabu (20/9/2023).

PSSI tidak ingin ada polemik yang sama seperti persoalan izin pemain dari klub-klub untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-23 2023 Thailand, akhir Agustus lalu. Erick juga masih belum memperoleh kepastian timnas bisa diperkuat oleh pemain-pemain yang bermain di Eropa atau tidak.

“Pemain-pemain kita yang di Eropa masih belum memberikan jawaban bisa memperkuat [timnas U-23] atau tidak. Kita ketahui ada empat hingga lima pemain timnas U-23 yang bermain di Eropa,” imbuh Erick Thohir.

Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya setelah menjadi juara Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya