SOLOPOS.COM - Pimain PSM Makassar, Erwin Gutawa (kiri), berebut bola dengan pemain Sabah FC, Ramon Machado saat pertandingan Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (5/10/2023). (Antara/Fikri Yusuf)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo dikabarkan tengah mencari pemain bertahan di bursa transfer Liga 1 2023 yang bakal dibuka dalam beberapa pekan ke depan. Bek PSM Makassar, Erwin Gutawa, berpeluang menyusul Ramadhan Sananta ke Persis Solo.

Lewat akun Instagram pribadinya, Erwin Gutawa, telah mengunggah salam perpisahan dengan PSM Makassar pada pekan lalu. Erwin menuliskan “sampai jumpa kembali” dengan tagar bertuliskan #PSM Makassar.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Sejak akhir putaran pertama Liga 1 2023, Erwin memang menjadi salah satu pemain yang dikaitkan dengan Persis Solo. Setelah resmi meinggalkan PSM Makassar, Errwin Gutawa tentu punya peluang berseragam Persis Solo.

Sejumlah akun media sosial sepak bola Indonesia juga membahas kemungkinan kepindahan Erwin Gutawa ke Solo yang cukup besar mengingat Sananta dan Erwin cukup dekat. Faktor Sananta ini pula yang dianggap bisa menarik Erwin ke Persis Solo.

Hingga akhir putaran pertama Liga 1 2023/2024, Erwin Gutawa, punya statistik yang cukup gemilang. Berduet Yuran Fernandes di lini belakang PSM Makassar, ia berulang kali sulit ditembus penyerang lawan.

Di musim ini, Erwin Gutawa telah tampil sebanyak 10 kali. Karakter lugas saat menghalau bola, membuatnya sudah sekali mendapat kartu merah. Erwin juga sudah dua kali mendapat kartu kuning.

Pemain dengan nilai pasar mencapai Rp2,17 miliar ini bisa bermain sebagai bek tengah, bek kanan, bahkan menjadi gelandang bertahan. Bukan tidak mungkin, Erwin Gutawa bisa lebih banyak bermain sebagai gelandang bertahan di tangan Leonardo Medina apabila ia bergabung dengan Persis Solo.

Hingga saat ini, Leonardo Medina setidaknya telah membuat dua gelandang Persis Solo memiliki posisi baru yakni Sutanto Tan dan Kanu Helmiawan yang dari gelandang bertahan menjadi bek tengah.

Di sisi lain,  saat berseragam PSM Makassar, Erwin Gutawa telah bermain sebanyak 65 pertandingan dengan sebuah assist. Dia juga menjadi salah satu pemain yang mengantar PSM Makassar juara Liga 1.

Pemain berusia 31 tahun ini tercatat telah melakukan 32 tackle, 36 intersep, dan 26 sapuan. Erwin adalah pemain kelaniran Libureng, Kabupaten Bone, pada 6 Juli 1992.

Erwin memulai karier sepak bola bersama dua tim lokal kampung halamannya yakni Samaenre FC dan Tonra Muda FC pada tahun 2011 hingga 2012. Ia pun sempat memperkuat PS Tapin.

Pada 2013, Martapura FC menyodorkannya kontrak. Erwin pun merantau dari Tanah Bone menuju Kalimantan Selatan. Hasilnya dia turut andil membawa Martapura FC menembus semifinal Divisi Utama 2014.

Tiga tahun berselang, dia mengikuti trial di PSM Makassar yang sedang bersiap mengikuti Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Meski dinyatakan lolos, Erwin batal berseragam PSM Makassar karena kendala administrasi. Erwin pun kembali ke Martapura FC yang berlaga di ISC B yang kembali melaju hingga ke semifinal.

Pada 2018, dia dikontrak Madura FC menjelang babak 8 besar Liga 2 2018, tetapi gagal membawa tim ke babak semifinal.

Erwin mencoba peruntungan di Jawa, dia mencoba ikut seleksi Persela Lamongan. Meski demikian, Erwin akhirnya memutuskan kembali ke Martapura FC menjelang Liga 2 2019 bergulir. Di tahun ketujuh bersama Martapura, Erwin kembali gagal membawa tim tersebut lolos dari fase 8 besar.

Erwin akhirnya merantau ke Pulau Sumatera dengan bergabung ke Sriwijaya FC Palembang menjelang Liga 2 2020. Namun, pandemi Covid-19 membuat dia batal membela Laskar Wong Kito.

Erwin akhirnya mencoba peruntungan kembali dengan menjalani trial di PSM Makssar sebelum Piala Menpora 2021. Dia dinyatakan lolos dan langsung turut membawa PSM Makassar menembus semifinal event pramusim ini.

Saat Bernardo Tavares masuk sebagai pelatih PSM Makassar,  Erwin lebih banyak dicadangkan sepanjang putaran pertama Liga 1 2022. Namun, dia bisa membuktikan dan bisa diandalkan sejak pekan ke-23 hingga penutup.

Saat PSM Makassar juara, dia tercatat telah bermain sebanyak 24 kali dengan catata. 29 tekel, 40 intersep, 35 sapuan, 246 umpan, satu asisst, dengan menerima 6 kartu kuning tanpa kartu merah.

Kini setelah resmi berpisah dengan PSM Makassar, Erwin Gutawa langsung menjadi pembicaraan dan disebut sangat berpeluang gabung dengan Persis Solo pada bursa transfer Liga 1 2023 mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya