SOLOPOS.COM - Roy Hodgson

Roy Hodgson

LONDON—Pelatih Roy Hodgson mengakhiri hari pertamanya menangani Timnas Inggris dengan dipusingkan problem pilihan striker untuk Euro 2012, Rabu (23/5/2012) waktu setempat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hodgson masih mencari-cari striker pengganti Wayne Rooney yang menjalani sanksi dua laga pertama di penyisihan grup D Polandia/Ukraina 2012. Namun striker Manchester United, Danny Welbeck, yang difavoritkan masuk line-up dan menjadi pengganti Rooney untuk menghadapi Prancis dan Swedia di Ukraina, justru bermasalah.

Welbeck belum pulih dari cedera engkel yang menderanya saat berebut bola dengan pemain Manchester City, Nigel de Jong pada 30 April lalu. Welbeck meninggalkan Etihad, markas City, dengan kruk dan engkelnya mengenakan boot pelindung.

Welbeck tidak bisa berpartisipasi dalam latihan pertama Inggris di stadion yang sama saat dia mengalami cedera. Bek Glen Johnson juga tidak ikut latihan perdana. Welbeck juga diragukan tampil menghadapi Norwegia dalam laga persahabatan, Sabtu (26/5/2012).

Tim medis FA akan melanjutkan monitoring terhadap perkembangan Welbeck dan absennya sang pemain pada Rabu malam menjadi sebuah peringatan bagi Inggris. Jika Theo Walcott bermain sebagai winger, berarti Hodgson hanya memiliki Andy Carroll dan Jermain Defoe sebagai pilihan striker lainnya.

Adapun Wayne Rooney juga tidak akan tampil melawan Norwegia karena mengalami cedera ibu jari kaki. Namun Rooney juga menyambangi training camp Inggris. “Dia (Rooney) tidak akan dilibatkan dalam pertandingan di Norwegia dan saya tidak tahu apakah dia akan dilibatkan pada pertandingan lawan Belgia (pada 2 Juni),” ujar Hodgson dilansir Googlenews, Kamis (24/5/2012).

“Dia akan bersama kami namun apakah saya memilih dia atau tidak, saat ini saya tidak tahu,” imbuhnya. Dengan absennya Rooney akan mengizinkan Hodgson menguji lini depan dalam laga persahabatan sebelum memulai kampanye di Euro 2012.

Sementara gelandang kunci Inggris, Scott Parker dan Steven Gerrard yang mengakhiri musim dengan cedera, memperlihatkan tanda positif. Parker yang mengalami masalah pada achilles kembali menjalani pemeriksaan, Rabu. Dan FA mengatakan baik Parker maupun Gerrard ambil bagian dalam latihan perdana Inggris yang juga menandai hari pertama bagi Gary Neville dalam staf kepelatihan.

Direktur pengembangan sepak bola FA, Sir Trevor Brooking meyakini ekpektasi tidak terlalu tinggi menjelang Euro 2012. Brooking berpikir pendekatan tanpa ekspektasi tinggi bisa menjadi sesuatu yang positif. Namun dia meyakini prioritas Inggris seharusnya bermain sepak bola yang menghibur.

“Roy mengatakan dia akan senang bisa keluar dari grup sulit, namun saya lebih suka meninggalkan turnamen dengan perasaan para pemain bermain bagus dan setiap orang di rumah menikmati saat menontonnya,” ujar Sir Trevor dilansir dailymail.

“Jika kami mendapatkan sedikit momentum, siapa tahu, namun kami akan memasuki turnamen tanpa ekspektasi tinggi. Kami harus sedikit realistis. Ekspektasi tidak terlalu tinggi karena negara seperti Spanyol, Jerman dan Belanda merupakan tim yang lebih favorit dibandingkan kami.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya