SOLOPOS.COM - Pembalap Ferrari Formula One Sebastian Vettel menjajal surkuit Suzuka, Jepang pada latiha bebeas kedua. JIBI/Reuters/Toru Hanai

F1 GP Jepang 2015 pada sesi latihan bebas hari pertama dikuasai oleh para pembalap-pembalap muda.

Solopos.com, SUZUKA—Para pembalap muda Formula One (F1) tampil cemerlang dalam latihan bebas hari pertama GP Jepang, di Sirkuit Suzuka, Jumat (25/9/2015). Pembalap debutan asal Toro Rosso, Carlos Sainz Jr, membuka sesi pertama sebagai yang tercepat. Sedangkan pembalap Red Bull, Daniil Kvyat, menguasai sesi kedua.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Kvyat paling menonjol dalam latihan bebas ini. Pembalap asal Rusia itu membukukan waktu tercepat di sesi kedua yang berlangsung dalam kondisi trek basah karena hujan. Pembalap muda Red Bull ini melesat tercepat dengan torehan waktu 1 menit 48,277 detik. Ia mengungguli duo kuat Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton yang berada di urutan kedua serta ketiga.

Rekan Kvyat, Daniel Ricciardo, berada di tempat keempat diikuti duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Mereka kurang maksimal karena cuaca di trek yang kurang bersahabat. Vettel tengah dalam kepercayaan diri tinggi setelah sukses memenangi GP Singapura, akhir pekan lalu.

Kvyat sendiri tak mau besar kepala melihat catatan apik yang ia torehkan di sesi pertama dan kedua. Sebelum tercepat di sesi kedua, pembalap berusia 21 tahun itu langsung menyodok di posisi kedua di sesi pertama.

“Sejujurnya ini tak berarti apa-apa. Ini tak akan buruk seandainya tidak turun hujan. Saya kira cuaca akan seperti ini hingga akhir pekan. Trek menjadi licin dan cukup sulit mengendalikan mobil terutama di tikungan,” papar Kvyat, dilansir crash.net, Jumat.

Carlos Sainz sempat membikin kejutan di sesi pertama. Sayang, pembalap jebolan Formula Renault 3.5 itu bermasalah di sesi kedua. Jagoan muda Toro Rosso tersebut harus puas di tempat ketujuh di sesi kedua. Ia mengungguli sang rekan, Max Verstappen. Sementara Felipe Nasr dan Pastor Maldonado menggenapi urutan kesembilan dan ke-10.

“Anda tak akan mau mengambil banyak risiko seperti bermasalah dengan gearbox atau semacamnya. Kami hanya berlatih dan melahap sejumlah lap. Cuaca yang kurang bersabahat bikin tak maksimal,” jelas Hamilton. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya