SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

F1 GP Malaysia akhir pekan ini akan digelar Sepang. Alonso dipastikan akan turun ikut membalap.

Solopos.com, SEPANG— — Fernando Alonso diperbolehkan kembali ke lintasan dengan tampil di GP Malaysia, Sirkuit Sepang, Minggu (28/3/2016). Akan tetapi, sebelum memulai debut sebagai pembalap McLaren, juara dunia dua kali ini menjelaskan perihal kecelakaan yang menimpanya, termasuk membatah alasan yang dikemukakan tim soal penyebab insiden tersebut.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Pembalap Formula One (F1) asal Spanyol ini resmi mendapatkan lampu hijau untuk unjuk gigi selepas crash pada tes pramusim terakhir di Sirkuit Catalunya Barcelona, akhir bulan lalu. Ia sempat mengalami gegar otak ringan pasca crash yang membuat mobil MP4-30 menabrak dinding pembatas lintasan.

“Selama pemeriksaan pembalap [Alonso] melewati tes wajib berupa kebugaran dan dinyatakan fit untuk membalap akhir pekan ini,” rilis tim medis FIA, dilansir Formula1.

Pernyataan mantan pembalap Ferrari ini cukup mengejutkan dalam sesi jumpa pers di Sepang, Kamis (26/3/2015). Alonso secara gambang mengatakan jika insiden itu terjadi karena mobil baru McLaren itu bermasalah bukan lantaran terkena angin kencang.

Tak hanya soal mobil, pembalap itu juga menyangkal jika ia kehilangan memori untuk sementara saat siuman seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu. “Saya tak bangun seperti saya berada di musim 1995. Saya juga tak berbahasa Italia. Saya ingat betul kecelakaan yang terjadi hari itu,” papar Alonso, dilansir Sky Sports.

Alonso menambahkan mobil anyar yang memakai mesin Honda itu bermasalah dengan kemudi di tikungan ketiga. Steering itu terkunci ke kanan hingga akhirnya menabrak dinding. Ia sempat menginjak rem dan menurunkan gigi dari lima ketiga. Sayang, ada data yang ada masih kehilangan sesuatu.

“Jika Anda melihat video ulang, tak mungkin angin kencang bisa menggerakkan mobil dalam kecepatan seperti itu. Di F1 Anda masih bisa berusaha untuk mengendalikan pergerakan ban. Saya juga sadar saat itu terjadi,” tuturnya.

Tak hanya Alonso yang siap menggeber kuda besi akhir pekan ini, pembalap Williams, Valtteri Bottas juga kembali ke kokpit. Pembalap Finlandia ini absen di GP Australia karena cedera punggung saat sesi kualifikasi di Melbourne.

“Tim mendukung penuh Valtteri untuk kembali membalap. Terlebih kami sudah mendapatkan persetujuan tim medis FIA. Ia akan mengemudikan FW37,” jelas Williams. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Fernando Alonso dengan mobil balapnya siap bertarung di Sepang pekan ini. Ist/bbc.co.uk

Fernando Alonso dengan mobil balapnya siap bertarung di Sepang pekan ini. Ist/bbc.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya