SOLOPOS.COM - Daniel Ricciardo ditunjuk sebagai pembalap baru tim F1 Red Bull Racing Renault musim depan. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON – Tim juara Formula One (F1), Red Bull Racing Renault, akhirnya menetapkan keputusannya untuk memilih Daniel Ricciardo sebagai pembalapnya mulai musim 2014, menggantikan Mark Webber, yang kontraknya habis akhir musim ini.

Penunjukkan Ricciardo sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, semula sempat ada beberapa nama yang digadang-gadang akan menjadi tandem juara dunia tiga kali berturut-turut, Sebastian Vettel, musim depan. Mereka yakni Felipe Massa dari Ferrari, Kimi Raikkonen dari Lotus hingga rival sengit Vettel, Fernando Alonso, yang juga dari Ferrari. Dari ketiga nama itu, Raikkonen lah yang diisukan lebih berpeluang merapat ke Red Bull, karena hingga kini pembalap Finlandia itu belum memperpanjang kontraknya bersama Lotus, yang akan berakhir musim ini.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Namun, ternyata kenyataannya Red Bull lebih memilih Ricciardo. Seorang pembalap muda yang berasal dari tim junior Red Bull di ajang F1, Toro Rosso.

Pemilihan Red Bull ini bukan tanpa alasan. Ada berbagai pertimbangan yang melandasi dipilihannya Ricciardo dibanding Raikkonen.

Chief technical officer Red Bull, Adrian Newey, mengaku alasan timnya memilih Ricciardo lebih dikarenakan usia. Timnya lebih senang menggunakan pembalap muda dibanding driver yang sudah berpengalaman, seperti Raikkonen.

“Kami bisa mengambil pembalap yang lebih berpengalaman, seseorang yang memberi garansi ke level yang relatif sudah dikenal atau memilih pembalap yang jauh lebih mudah dengan harapan mereka akan mengembangkan ke tingkat yang sangat tinggi,” ujar Newey dikutip Autosport, Selasa (3/9/2013).

“Kami melihat pilihan berikutnya dan menyimpulkan bahwa dari pembalap-pembalap muda, Daniel adalah yang paling menjanjikan.”

“Dari sudut pandang Red Bull, dia juga sesuai, karena pembalap itu merupakan Christian (Horner, principal Red Bull) dan saya rasa sangat menjanjikan karena merupakan bagian dari program pembalap muda Red Bull [tim Toro Rosso].”

Ricciardo mengaku senang mendapat kesempatan emas untuk bergabung dengan Red Bull. “Musim depan, saya akan bersama tim juara, bisa dikatakan tim terbaik dan saya diharapkan memberikan yang terbaik.”

“Saya siap untuk itu. Saya di sini bukan untuk menempati sekitar urutan sepuluh. Saya ingin mendapat hasil terbaik untuk diriku sendiri dan tim,” beber Ricciardo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya