SOLOPOS.COM - Pemain depan Indonesia, Witan Sulaeman, menendang bola dalam sesi latihan resmi di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (22/12/2022), menjelang pertandingan melawan Kamboja di Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Kapten sekaligus bek tengah tim nasional (Timnas) Indonesia, Fachruddin Aryanto, sangat yakin (optimistis) skuad asuhan Shin Tae-yong mampu menjuarai Piala AFF 2022.

“Sekarang ada tambahan pemain naturalisasi dan banyak yang berpengalaman di laga-laga internasional,” ujar Fachruddin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Fachruddin yang sudah berkompetisi di Piala AFF sejak tahun 2012 juga menilai skuad timnas Indonesia saat ini lebih kompak karena sebagian besar juga berpartisipasi di Piala AFF 2020.

Meski demikian, menurutnya ada satu ganjalan yang cukup terasa di tim berjuluk Garuda yakni berhentinya kompetisi pada 2 Oktober-4 Desember 2022 karena tragedi Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022.

Hal tersebut membuat kebanyakan pemain timnas Indonesia absen dari pertandingan kompetitif saat melakoni pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022.

“Namun, ketiadaan kompetisi itu bukan alasan. Kami akan berjuang apa pun kondisinya,” tutur Fachruddin.

Baca Juga: Prediksi Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2022, Punya Rekor Mentereng!

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia diperkuat 23 pemain. Indonesia dihuni beberapa pemain naturalisasi dan pemain yang berlaga di luar negeri. Di luar Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim), ada Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia), Witan Sulaeman (AS Trencin, Slovakia) dan Egy Maulana Vikri yang sebelumnya berseragam FC Vion Zlate Moravce (Slovakia).

Pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF 2022 adalah melawan Kamboja, di Grup A pada Jumat (23/12/2022) sore pukul 16.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya