SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (pssi.org)

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar juara kompetisi sepak bola antarnegara ASEAN atau Piala AFF. Tim Garuda lebih banyak meraih predikat sebagai runner up.

Dihimpun dari berbagai sumber, turnamen Piala AFF Awalnya bernama Piala Tiger yang kali pertama digeber pada 1996 silam. Kala itu, Singapura bertindak sebagai tuan rumah. Sementara yang berhasil menjadi kampiun adalah Thailand.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Baca Juga: Jelang Berduel, Pelatih Vietnam Malah Puji Timnas Indonesia

Thailand sukses mengandaskan perlawanan Malaysia di babak final dengan skor 1-0. Indonesia sendiri cuma bisa finis di peringkat keempat. Kala itu, Tim Garuda kalah dalam babak perebutan juara ketiga melawan Vietnam dengan skor 2-3.

Baru di Tahun 2008, turnamen ini berubah menjadi Piala AFF. Sebelumnya pada Tahun 2007, kompetisi ini bernama Kejuaraan Sepak Bola ASEAN.

Sepanjang digelarnya turnamen ini, Indonesia ternyata belum pernah menjadi juara. Padahal, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan tim sepak bola terkuat di ASEAN. Tim Garuda justru lebih banyak menjadi runner up.

Tercatat, Indonesia menjadi juara kedua sebanyak lima kali yakni pada Tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Tak ayal, Piala AFF kini menjadi mimpi besar Indonesia. Beragam cara sudah dilakukan untuk memperkuat tim.

Salah satunya adalah melakukan naturalisasi pemain. Sejumlah pemain keturunan ditarik untuk menjadi warga negara Indonesia. Bahkan ada pemain yang tidak memiliki keturunan seperti Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, hingga Marc Klok. Kemudian dengan mendatangkan pelatih luar negeri berkualitas. Namun, juara tak kunjung datang.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ungkap Kunci Sukses Indonesia Hajar Laos

Harapan besar pun tertanam pada skuad Piala AFF 2020. Evan Dimas diharapkan bisa mendatangkan piala pertama Piala AFF ke Tanaha Air.

Di sisi lain, Thailand menjadi negara tersukses di Piala AFF dengan mengoleksi lima gelar. Disusul kemudian dengan Singapura (4 gelar), Vietnam (2 gelar), dan Malaysia (1 gelar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya