SOLOPOS.COM - Pelatih kepala Persebaya Josep Gombau berjalan di lapangan saat memantau latihan tim di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Kamis (14/9/2023) sore. (ANTARA/Rizal Hanafi).

Solopos.com, SOLO — Josep Gombau yang terdepak dari kursi pelatih Persebaya Surabaya bergabung dengan klub Liga Inggris, Aston Villa.

Pria asal Spanyol ini menjabat sebagai pelatih kepala tim junior Aston Villa U-21. Saat ini Aston Villa bertengger di posisi dua klasemen Premier League di bawah Liverpool.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Dilansir Solopos.com dari laman resmi Aston Villa, Gombau kali pertama melatih Amposta dan Espanyol sebelum bekerja di beberapa pos pengembangan pemain di akademi muda Barcelona selama beberapa tahun.

Sejak saat itu, ia memegang posisi manajerial dan kepelatihan di klub-klub di Hong Kong, Australia, India, dan AS, sementara ia juga bekerja sebagai pelatih untuk Ollyroos, tim Olimpiade Australia.

Aston Villa U-21 saat ini berlaga untuk Premier League 2, atau kompetisi bagi tim cadangan tim Premier League.

Aston Villa U-21 berada di peringkat ke-22 dengan raihan delapan poin, hasil dari dua kali menang, dua kali imbang dan empat kali kalah dari delapan pertandingan.

Josep Gombau sebelumnya didapuk menjadi pelatih Persebaya Surabaya pada September 2023 menggantikan Aji Santoso yang didepak setelah rangkaian hasil negatif di awal musim.

Mengawali debutnya dengan kekalahan atas Madura United dengan skor 0-3, Josep Gombau hanya bertahan selama enam pertandingan.

Rekornya bersama Persebaya Surabaya juga tidak begitu bagus. Ia mengemas satu kali menang, satu kali seri dan empat kali kalah.

Persebaya memasukkan tujuh gol dan kemasukan 12 gol sekaligus gagal mengatrol posisi Persebaya Surabaya di klasemen.

Persebaya Surabaya akhirnya memecat Josep Gombau pada awal November setelah kekalahan dari Persik Kediri dengan skor 0-4.

Posisinya kemudian digantikan caretaker Uston Nawawi dalam beberapa laga.

Kini Persebaya Surabaya ditukangi oleh mantan pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster.

Pelatih asal Irlandia Utara ini ditunjuk sebagai pelatih kepala pada awal tahun 2024.

Bajol Ijo akan menjalani laga tunda pekan ke-20 melawan PSIS Semarang, Selasa (30/1/2024) mendatang.

Lima hari setelahnya akan menghadapi Bhayangkara FC, Minggu (4/2/2024).

“Saya memiliki waktu untuk mempersiapkan tim. Bersama-sama kami akan mencari cara bagaimana pemain bekerja dan segera memberikan progres kepada tim. Untuk mencapai itu, semua di Persebaya harus kerja sama dan kerja keras,” jelas Paul Munster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya