SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Fernando Alonso saat diwawancara seusai perlombaan GP F1 Bahrain, Senin (6/3/2023) WIB. (Twitter/@F1)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Fernando Alonso menilai Aston Martin perlu mengatur ulang strategi mereka untuk kembali naik podium pada sisa Grand Prix F1 musim ini.

Alonso mengatakan, ia dan tim akan lebih siap lagi untuk bersaing seusai melakukan sejumlah penyegaran pada mobil sepanjang jeda musim panas dalam kalender balap F1 2023.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Saya pikir kami bisa melewati jeda musim panas dengan sedikit lebih optimistis, namun juga rendah hati, mengingat kami masih kehilangan sedikit daya saing sejak awal tahun, semoga lebih banyak lagi yang datang dari Aston Martin setelah musim panas,” kata Alonso, dikutip dari laman resmi F1, Rabu (2/8/2023).

Semangat ini muncul lantaran sang pembalap Aston Martin gagal naik podium di empat balapan terakhir, yaitu GP Austria, Inggris, Hongaria, dan Belgia. Sebelumnya, Alonso dan Aston Martin memulai musim 2023 dengan enam kali naik podium dalam delapan balapan.

Meski demikian, Alonso mengatakan perasaannya cukup campur aduk karena ia bisa finis P5, setelah terakhir di Hungaria ia hanya finis P9.

Terakhir di Belgia, ia menyebutkan ada beberapa masalah terkait Sprint di Sirkuit Spa-Francorchamps, dimana Alonso berjuang di belakang duo Red Bull Max Verstappen dan Sergio Perez, pembalap Ferrari Charles Leclerc, dan pembalap Mercedes Lewis Hamilton.

“Ya saya bahagia (dengan hasil tersebut). Saya pikir lima besar adalah pencapaian yang normal bagi kami dalam segi hasil (keseluruhan balapan),” ujar Alonso.

“Berkat tim, kami melakukan beberapa modifikasi pada set-up mobil, setelah Hungaria dan setelah Silverstone, mungkin kami melakukan beberapa kesalahan di sana. Saya pikir hal yang paling penting adalah memahami mobil dan itulah yang kami lakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, balapan Formula 1 kini memasuki jeda musim panas sebelum akhirnya putaran ke-14 bergulir di Sirkuit Zandvoort, Belanda, pada 25 hingga 27 Agustus 2023.
Di sisi lain garasi, rekan satu timnya, Lance Stroll, finis di urutan kesembilan pada GP Belgia. Ia mengakui bahwa upayanya saat itu kurang maksimal, dan bakal mempersiapkan diri lebih baik lagi setelah jeda musim panas.

“Kami memiliki awal yang beragam untuk musim ini dan saya pikir kami tahu ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan saat kami memasuki babak kedua. Meski begitu, ini merupakan langkah besar dari tahun lalu dan saya tahu tim termotivasi untuk terus mendorong lebih banyak lagi,” kata Stroll.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya